Image default
Kesehatan

Sejak Kecil Tak Bisa Lepas Dari Es, Inikah Pemicu Sungadi Obesitas Hingga Bobotnya 1,4 Kuintal?

Sungadi (21), pemuda dari Kabupaten Sragen ini punya kebiasaan mengonsumsi es sejak kecil, Ini kah yang menyebabkan bobotnya mencapai 140 kilogram atau 1,4 kuintal. Ya, putra kelima pasangan Suwarno (59) dan Tukiyem (58) dari Dukuh Jurang, Desa Sono, Kecamatan Mondokan, Sragen itu ternyata sejak kecil sudah menggemari air dingin atau air es, sehingga selama ini tidak bisa dilepaskan dari minuman tersebut. Ayah Sungadi, Suwarno (59) mengatakan, anaknya memang tidak suka minuman manis, tetapi sejak kecil menjadi anak yang gemar meminum air putih dingin atau air es.

"Bahkan buah, pisang misalnya, dia tidak suka," imbuhnya membeberkan. Sungadi membeberkan, bahkan anaknya sama sekali tidak mau meminum air yang mengandung gula. "Tidak mau minum manis," terang Sungadi.

"Tapi kalau kopi mau, tapi itu pun kadang kadang," imbuhnya menekankan. Kebiasaan minum kopi Sungadi kemudian dibeberkan Suwarno. "Biasanya dia itu minta sedikit kalau saya pas minum kopi," terang Suwarno.

"Itupun jika Sungadi lagi ingin minum kopi," imbuhnya membeberkan. Saat ditanya perihal kebenaran itu, Sungadi langsung membela diri. "Itu kadang kadang, saya juga bisa membuat kopi sendiri," kata Sungadi sambil tertawa kecil.

Suwarno kemudian menambahkan, Sungadi itu sebenarnya tidak bisa kalau sehari tidak minum air dingin atau air es. "Waduh, kalau dia ndak minum itu sehari saja bisa geger," jelas Suwarno. "Dia bisa langsung marah marah, kalau itu tidak segara dituruti," tuturnya.

Sebelumnya, pemuda bernama Sungadi (21) dari Kabupaten Sragen menggemparkan jagad media sosial (medsos) karena memiliki bobot seberat 140 kilogram atau 1,4 kuintal. Berat badan yang tidak biasa akibat obesitas itu, bahkan membuat putra kelima pasangan Suwarno (59) dan Tukiyem (58) kemudian viral. Lantas, benarkah es jadi pemicu membesarnya tubuh Sungadi?

Pernahkah kalian mendengar ada yang berkata "jangan minum aie es nanti bisa gemuk" atau "jangan kebanyakan minum air es nanti buncit". Jadi apakah benar air es itu bisa menggemukan badan? Fakta atau mitos?

Dikutip dari Kompasiana.com, sebenarnya pernyataan tersebut hanyalah sebuah mitos saja. Menurut dr. Michael Triangkp Sp.KO, Staf Pengajar di prodi Ilmu kedokteran olahraga FKUI, mitos tesebut muncul dari pengalaman orang yang meminum air es pada saat memakan makanan yang berlemak. Karena air es tersebut dingin dimulut maka mengakibatkan lemak yang ada pada sela sela gigi menjadi membeku dan membuat rasa yang tidak nyaman di bagian rongga mulut.

Disebutkan juga bahwa air es tersebut bisa menyebabkan minyak dari makanan yang dikonsumsi akan menjadi tidak larut dan malah menjadi keras, dan bisa memperlambat proses pencernaan. Meminum air es tidak bisa menaikan berat badan kita karena saat kita meminum air es maka suhu air tersebut akan menyesuaikan dengan suhu tubuhmu, karena suhu didalam tubuh lebih tinggi dari pada suhu permukaan kulit kita. Hal tersebut sudah membuktikan bahwa meminum air es tidak berpengaruh terhadap kegemukan.

Namun jika Anda mencampurkan air es tersebut dengan sesuatu itu baru akan menyebabkan kegemukan. Beberapa contoh minuman yang bisa mennyebabkan kegemukan yaitu teh manis, sirop, minuman berkarbohidrat, es krim, ataupun sejenisnya. Sungadi tinggal di sebuah rumah bersama keluarganya di Dukuh Jurang, Desa Sono, Kecamatan Mondokan, Sragen.

Rumah orangtuanya yang berukuran sekitar 5×13 meter itu, tampak sederhana dan masih beralaskan tanah. Bahkan seluruh dinding rumahnya, hanya berupa anyaman bambu wulung dan kayu. Dia biasanya rebahan di depan ruang tamu yang diberi alas kasur kapuk untuk menonton televisi yang masih berjenis tabung usai menyelesaikan kegiatan sehari hari.

Di balik tubuhnya yang sangat gemuk, Suwarno membeberkan jika anaknya yang tinggal serumah dengannya selama ini seakan menyempitkan ruang geraknya. Terutama lanjut dia, saat akan bangun dari tidurnya hingga keperluan mandi dan buang air besar di toilet. Mengingat bobot badannya yang cukup besar, membuat Sungadi nyaris celaka karena amblas dan masuk ke tempat pembuangan kotoran (septic tank) kala ke toilet.

"Jadi WC yang didudukinya ambrol, karena tidak kuasa menahan berat badannya," ungkap Suwarno. "Tetapi tidak apa apa, meskipun saat mengeluarkanya kita kesulitan," jelas dia membeberkan. Dan Sajian Sedap dengan judul

Berita Terkait

10 Cara Jitu Menurunkan Berat Badan dalam Waktu 2 Minggu, Yuk Coba di Rumah!

Maya Rosfi'ah

Tidur di Lantai Penjara Disebut Picu Sakitnya Ahmad Dhani, Kenali Penyebab Asam Urat

Maya Rosfi'ah

Ternyata Madu dan Lidah Buaya Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar! Begini Caranya

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ani Yudhoyono Usai Dijenguk Putra Sulungnya, Annisa Pohan Ungkap Sang Mertua Segar Lagi

Maya Rosfi'ah

Tips Mengatasi Sulit Tidur bagi Ibu Hamil

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

Dikenal Menyehatkan, Baiknya Jangan Beri Air Kelapa Muda Jika Orang Mengalami 5 Kondisi Ini

Maya Rosfi'ah

Penggunaan Rokok Elektrik di Selandia Baru Membantu Orang Berhenti Merokok

Maya Rosfi'ah

Karbohidrat Bikin Gemuk Adalah Persepsi yang Salah, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment