Image default
Pendidikan

Segera Daftar UTBK Gelombang II Dibuka Sampai 1 April, Perhatikan Tata Cara Beda dengan Sebelumnya

Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang II telah dibuka sampai 1 April 2019 mendatang. UTBK menjadi syarat wajib bagi siswa kelas 12 yang ingin mendaftar SBMPTN. Berdasarkan situs ltmpt.ac.id, UTBK bisa diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2019, 2019 dan lulusan paket C tahun 2017, 2018, 2019.

Pelaksanaan UTBK menggunakan soal soal ujian yang dirancang sesuai kaidah akademik untuk memprediksi keberhasilan calon mahasiswa di seluruh program studi. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah melaksanakan pembukaan pendaftaran UTBK gelombang II dimulai tanggal 25 Maret 2019. 1. Kunjungi laman pendaftaran UTBK 2019.

2. Peserta akan diminta login dengan email dan password di laman tersebut. 3. Jika belum punya akun, perserta harus membuatnya terlebih dahulu. Untuk mendapatkan akun LTMPT, masukkan kombinasi NISN, NPSN, tanggal lahir dan email aktif lalu tentukan password akun.

3. Peserta akan terima email komfirmasi untuk pengaktifan akun di laman LTMPT. 4. Setelah melakukan pengaktifan akun, kamu bisa login dengan akun yang telah didaftarkan. 5. Setelah log in, peserta diminta mengunggah pas foto berwarna terbaru, mengisi data, memilih jenis dan sesi ujian, serta lokasi Pusat UTBK PTN untuk mendapatkan slip pembayaran UTBK.

6. Peserta tinggal membayar di Bank Mandiri, Bank BNI, atau Bank BTN. Saat gelombang I peserta UNBK diminta login di laman , untuk gelombang II ini kamu harus login di Cara pendaftaran gelombang II tak berbeda dengan gelombang sebelumnya, hanya situs website yang akses berbeda.

1. UTBK kelompok Saintek satu kali dan kelompok Soshum satu kali; atau kelompok Saintek dua kali; atau kelompok Soshum dua kali. 2. Peserta yang ingin mengikuti tes satu kali dapat mendaftar pada gelombang pertama atau gelombang kedua. Peserta UTBK mendapatkan kesempatan maksimal dua kali mengikuti UTBK.

UTBK terdiri atas Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang sesuai dengan kelompok ujian setiap peserta ujian. TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jadwal UTBK pada tahun 2019 yang meliputi penyelenggaraan, kegiatan, dan pelaksanaan UTBK adalah sebagai berikut.

Tes UTBK 2019 dilakukan ada hari Sabtu dan Minggu dimana setiap hari terdapat dua sesi tes yaitu pagi dan siang. Untuk jadwal tes UTBK gelombang I, tes dilakukan pada 13 April 04 Mei 2019. Bagi peserta Tuna Netra waktu ujian yang tersedia hanya pada tanggal 04 Mei 2019 Pagi (07.30 11.45) pada ruang khusus.

Sedangkan untuk gelombang kedua tes dijadwalkan pada 11 Mei hingga 26 Mei 2019 Bagi peserta Tuna Netra waktu ujian yang tersedia hanya pada tanggal 25 Mei 2019 Pagi (07.30 11.45) pada ruang khusus. Untuk pengumuman hasil UTBK dilakukan paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan UTBK.

Berita Terkait

#SelasaBahasa Ajak Anak Muda Gunakan Bahasa Indonesia di Media Sosial

Maya Rosfi'ah

Catat Link Berikut! Daftar Lengkap Formasi CPNS 2019 Sepi Peminat Namun Gaji Hingga Puluhan Juta

Maya Rosfi'ah

LENGKAP! Bacaan & Niat Puasa Senin – Kamis Berikut Arti & 8 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Keren, UMN Dapat 4 Penghargaan Prestisius dari LLDIKTI

Maya Rosfi'ah

VIDEO Panduan Lengkap Sholat Gerhana Matahari / Sholat Khusuf & Ini Isi Tausiyah yang Dianjurkan

Maya Rosfi'ah

Extramarks Indonesia dan Sekolah Al Azhar Syifa Budi Jalin Kerjasama Inovatif

Maya Rosfi'ah

Pesan Mahfud MD di Munas IKA UII

Maya Rosfi'ah

Nadiem wajib Jelaskan Implementasinya Ganti Ujian Nasional dengan Assesment Fraksi PDIP DPR

Maya Rosfi'ah

STIA LAN Jakarta Bakal Bertransformasi Jadi Politeknik Tahun 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment