Image default
Nasional

SD Kelas 4-6 Apa Saja Kegiatan Manusia yang Berdampak Positif & Negatif Terhadap Kelestarian Air

Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang negatif terhadap kelestarian air? Soal tersebut terdapat dalam materi X Sains: Siklus Air program Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 2 Juni 2020, untuk kelas 4, 5, dan 6 SD. Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang negatif terhadap kelestarian air? menjadi soal nomor dua.

Orang tua atau wali diharap dapat mendampingi anak dalam mengikuti program Belajar dari Rumah TVRI. Pada akhir program Belajar dari Rumah TVRI, peserta diminta untuk menyelesaikan soal dengan jawaban yang tepat. Sebagai bahan pegangan orang tua untuk mengoreksi, berikut kunci jawaban soal SD Kelas 4 6 Belajar dari Rumah TVRI, Selasa 2 Juni 2020:

Jelaskan manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi! Manfaat siklus air bagi kehidupan di bumi yakni: Melalui siklus air membuat ketersediaan air di bumi tidak akan pernah habis, namun tetap harus hemat air.

Dapat memurnikan kembali air kotor yang ada di bumi, sehingga air tanah terisi ulang dalam keadaan bersih. Melalui proses erosi serta sedimentas siklus air dapat membantu pembentukan kembali fitur geologi bumi. Untuk mencukupi kebutuhan minum dan makan makhluk hidup.

Untuk kebutuhan mencuci dan mandi. Mengairi sawah. Menyuburkan tanaman.

Membawa kembali air dari laut ke daratan. Apa saja kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang negatif terhadap kelestarian air? Berikut kegiatan manusia yang berdampak positif dan yang negatif menurut penjelasan Kak Herman:

Membuat daerah resapan Air. Melakukan reboisasi atau penanaman hutan yang gundul. Penebangan hutan yang berlebihan menyebabkan hutan gundul.

Pencemaran air laut. Pembangunan daerah perkotaan tanpa peduli lingkungan hijau. Pada eksperimen pembuatan miniatur siklus air, apa yang terjadi ketika es batu diletakkan di atas plastik wadah berisi air?

Sifat Es batu yang dingin membuat uap air dalam wadah tersebut menjadi partikel es yang menempel di plastik. Dalam siklus air, proses ini disebut dengan kondensasi. Selain itu, es batu secara perlahan akan mencair akibat panas dari air yang ada dalam mangkuk.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan Kak Herman, dalam eksperimen tersebut terjadi proses penguapan, baik evaporasi, transpirasi, maupun sublimasi. Kemudian menjadi butiran butiran air di penutup plastik yang disebut kondensasi. Butiran air tersebut berkumpul di satu tempat dan jatuh sebagai butiran butiran air yang kita kenal sebagai hujan, prosesnya dinamakan presipitasi.

Butiran itu jatuh tepat di bawah pemberat mangkok kecil yang menunjukkan terjadinya proses limpasan. Proses ini akan menjadi air di permukaan. Selain itu, dalam realitanya air akan masuk dalam celah celah tanah.

Proses tersebut disebut infiltrasi. Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orang tua mengoreksi jawaban anak. Dari materi belajar di rumah TVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak.

Sehingga anak meraih kompetensi literasi terkait memahami paparan lisan tentang topik yang dikenali, mengidentifikasi ide pokok dan beberapa ide rinci dalam paparan tersebut, menjelaskannya kembali dan menanggapinya menggunakan pengetahuannya. 1. Pukul 08.00 08.30 WIB Jalan Sesama: Pakaian

2. Pukul 08.30 09.00 WIB Khan Academy: Operasi Pengurangan 3. Pukul 09.00 09.30 WIB

Sains: Siklus Air 4. Pukul 09.30 10.00 WIB Mantul Matematika Manfaat Betul: Layang Layang dan Trapesium

5. Pukul 10.00 10.30 WIB Matematika: Persamaan Eksponensial (Bentuk 1, 2, dan 3) 6. Pukul 10.30 11.00 WIB

Orang Tua dan Dunia Kerja 7. Pukul 21.30 23.30 WIB Kamulah Satu satunya

Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. *) Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi literasi anak dari melihat tayangan:

1. Dampingi anak ketika sedang menyimak tayangan, kemudian minta anak untuk mengomunikasikan ide, gagasan, maupun perasaan sendiri, baik lisan maupun tertulis, dari tayangan tersebut. Selanjutnya, orang tua perlu mendengarkan, membaca apa yang disampaikan anak, dan memberi umpan balik berupa tanya jawab, diskusi dan pujian. 2. Lakukan diskusi dengan anak terkait hasil tulisannya.

Perhatikan tema, topik, gagasan, atau ide yang dirasa belum pas dan beri waktu kepada anak untuk mengemukaan pendapatnya dan memperbaiki tulisannya. Jika orang tua mengalami kesulitan, bisa diskusi bersama keluarga dan guru. 3. Mintalah anak untuk membacakan hasil tulisannya.

Perhatikan cara duduk, jarak dari buku ke mata, posisi sikap yang baik, dan intonasi pembacaan. Selanjutnya, bersama sama orang tua dan anak menyimpulkan bacaan. Hal hal yang dapat dilakukan orang tua untuk membantu meningkatkan kompetensi numerasi anak dari melihat tayangan:

1. Berusahalah untuk mendampingi anak menyaksikan tayangan hingga selesai. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 2. Ajaklah anak berdiskusi kebermanfaatan tayangan yang disaksikan.

Berilah motivasi untuk penyelesaian tugas yang diberikan dengan memeriksa kembali apa yang sudah dikerjakan anak. 3. Untuk tugas yang rumit atau perlu penyelesain, arahkan anak untuk mencari referensi lainnya dari buku. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

4. Mintalah anak membacakan hasil karya yang ditulisnya dan berikan komentar seputar penyampaian dan komunikasi yang digunakan. Berikan penghargaan untuk karya yang sudah dibuat anak.

Berita Terkait

Kami Serahkan menuju Presiden Soal Kursi Wakil Menteri PPP

Maya Rosfi'ah

Diundang Sidang MPR, Sandiaga Uno Masuk dari Pintu Belakang, Indiarto Priadi: Gebrak Meja Kalau Saya

Maya Rosfi'ah

Selamat atas Prestasi Aparat Bapak Sindir Jokowi soal Penyerangnya Dituntut Ringan Novel Baswedan

Maya Rosfi'ah

Pengacara Rizieq Shihab Sebut Imam Besar FPI Sabtu Ini Tiba di Indonesia demi Reuni PA 212

Maya Rosfi'ah

Polri Ungkap Kronologi Bentrok Antar Warga Desa di Buton Sulawesi Tenggara

Maya Rosfi'ah

DPRD DKI Minta Dinkes DKI Tak Abai Soal Ancaman DBD Di Tengah Wabah Corona

Maya Rosfi'ah

Jakarta Pusat & Bandung Cerah Berawan Sepanjang Hari Prakiraan Cuaca BMKG Rabu 20 November 2019

Maya Rosfi'ah

Minggu Ini & Dua Minggu menuju Depan Pemerintah Tetap akan Larang Mudik Presiden

Maya Rosfi'ah

Para Kiai Usulkan 6 Pos Kementerian buat PKB

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment