Image default
Lifestyle

Resep Dalam Membuat Gulai Belacan, Makanan Pedas Dari Riau!

Riau memang terkenal dengan berbagai makanan yang enak, nah salah satu jenis makanannya adalah gulai belacan ini. Gulai ini merupakan makanan yang berbeda dibandingkan dengan beberapa jenis gulai yang lainnya. Karena pada dasarnya gulai ini menggunakan berbagai bahan rempah – rempah, sehingga sangat berkhasiat bagi tubuh manusia. Tidak lengkap rasanya kalau kamu memakan makanan tanpa ada citarasa pedas.

Pedas merupakan salah satu hal yang wajib sekali di makan oleh orang Indonesia, karena sebagian orang Indonesia memang menyukai berbagai makanan yang pedas. Terutama kalau kamu berkunjung ke Riau, maka kamu jangan sampai tidak mencoba makanan asli Riau ini. Bahkan dengan mencobanya kamu bisa merasakan citarasa yang berbeda daripada gulai pada umumnya. Ternyata gulai ini juga bisa kamu coba sendiri, lho, di rumah maka kamu harus tahu bagaimana resepnya. Bagaimana? Penasaran dengan resepnya? Simak ya!

Mempersiapkan bahan gulai

Pertama, mempersiapkan bahan gulai. Dalam membuat gulai belacan, memang memerlukan beberapa bahan yang harus kamu persiapkan. Karena dengan mengetahui apa saja bahannya maka kamu bisa langsung mencari bahan yang ingin kamu gunakan. Lagi pula kamu tidak perlu kebingungan dalam membeli bahan. Bahkan kamu tahu apa saja bahan yang harus kamu cari, biasanga kamu bisa temukan langsung di pasar. Sebenarnya ada dua bahan yang digunakan yaitu bahan utama dan bahan untuk bumbu halus.

Pada bahan utama yang kamu perlukan yaitu jeruk nipis sebanyak satu buah, air asam Jawa sebanyak satu sendok makan saja, santan sebanyak 350 ml (campurkan 200 ml santan kara dan juga 150 ml air. Kemudian kamu bisa masukkan lagi garam secukupnya sekitar setengah sendok teh saja, lalu masukkan saja gula sebanyak satu sendok teh. Selanjutnya adalah merica sebanyak satu sendok teh dan yang terakhir adalah dua lembar daun jeruk. Jangan lupa untuk menyiapkan minyak goreng secukupnya.

Sedangkan untuk bumbu halusnya mudah banget kamu temukan. Sebut saja seperti tujuh siung bawah merah, empat siung bawang putih, tiga buah kemiri. Dan terasi goreng sebanyak dua buah saja, lalu kalau ingin pedas maka tambahkan cabe. Dalam membuat gulai belacan maka kamu bisa menambahkan dua jenis cabai yaitu cabai merah besar dan cabai rawit merah. Dalam hal ini kamu bisa mempersiapkan empat siung cabe merah besar serta empat siung cabe rawit merah.

Ikuti langkah – langkahnya

Sebelum membuat gulai, maka kamu bisa membersihkan terlebih dahulu udang ukuran besar kira – kira sekitar 300 gram. Jangan lupa buang ujung udang dan kamu bisa mengeluarkan beberapa kotoran dari punggung maupun kepalanya. Lalu kamu bisa memberikan beberapa garam secukupnya dan jangan lupa berikan air jeruk nipis. Tunggu sampai 10 sampai dengan 15 menit saja, kemudian haluskan bumbu halusnya. Selanjutnya kamu bisa menyalakan kompor dan tunggu minyak goreng sampai panas.

Kamu bisa memasukkan terlebih dahulu udangnya, kemudian kamu bisa langsung tumis udang tersebut. Tunggu sampai warnanya berubah, lalu bisa masukkan saja air asam Jawa, merica, gula dan garam. Kemudian aduk rata, setelah itu masukkan saja santan ke dalamnya. Lalu aduk kembali gulai belacan sampai kental, kalau sudah kental bisa langsung angkat saja. Dan sajikan di tempat wadah yang kamu inginkan.

Dengan mencoba beberapa langkah di atas dalam membuat gulai belacan. Maka kamu tidak perlu harus datang ke Riau, melainkan dengan mencoba resep diatas maka bisa langsung mencobanya.

Berita Terkait

Ketahui Rahasia Tentang Kehidupan Cintamu dari Bentuk Telingamu Tes Kepribadian

Maya Rosfi'ah

Bentuk Alis Dapat Ungkap Bagaimana Karakter hingga Kehidupan Asmaramu Tes Kepribadian

Maya Rosfi'ah

Gemini Bakal dari Hal Baru! 3 Zodiak yang Paling Beruntung Minggu Ini Sampai 26 Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Aries Pikachu Aquarius Indiana Jones Kostum Halloween Paling Cocok untukmu Berdasarkan Zodiak

Maya Rosfi'ah

5 Mimpi Ini Disebut Peneliti Jepang Ada Hubungannya dengan Dunia Nyata Benarkah

Maya Rosfi'ah

Gemini Peduli Luka Virgo Terkuak Taurus Pikirkan Bisnis Ramalan Zodiak Minggu 3 November 2019

Maya Rosfi'ah

Resep Bumbu Sate Daging Kambing dan Daging Sapi, Mudah dan Praktis untuk Olah Daging Kurban

Maya Rosfi'ah

Uang Bukan Segalanya hingga Berani Bermimpi 8 Pelajaran Hidup yang Bisa Kita Ambil dari Anak-anak

Maya Rosfi'ah

Finansial Sagitarius Rumit Bisnis Cancer Maju Rabu (19/2/2020) Ramalan Zodiak Keuangan Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment