Image default
Otomotif

Polisi Tegaskan Pemilik Wajib Lapor Motor yang Dimodifikasi

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir mengatakan, pemilik sepeda motor wajib melaporkan modifikasi yang dilakukan pada motornya. "Modifikasi (motor) boleh, tetapi harus dilaporkan kepada polisi terkait perubahannya karena akan mengubah bentuk ataupun perubahan mesin penggerak atau perubahan karoseri yang telah mengeluarkan. (Pelaporan) dilakukan untuk menjamin keselamatan di jalan," kata Nasir, Kamis (21/3/2019). Nanti, lanjut Nasir, pihak kepolisian akan melakukan uji tipe pada kendaraan bermotor tersebut.

Hal ini telah diatur dalam Pasal 49 Ayat 1 Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. "Setelah dimodifikasi, harus dilakukan uji tipe terlebih dahulu," ujar Nasir. Pasal 49 Ayat (1) berbunyi, "Setiap kendaraan bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan yang diimpor, dibuat dan/atau dirakit di dalam negeri yang akan dioperasikan di jalan wajib dilakukan pengujian". Uji tipe kendaraan bermotor adalah pengujian fisik untuk pemenuhan persyaratan teknis dan layak jalan.

Pengendara kendaraan bermotor yang nekat melintas menggunakan kendaraan modifikasi tanpa dinyatakan lolos uji tipe dapat didenda Rp 24 juta. "Setiap orang yang membuat, merakit, atau memodifikasi kendaraan bermotor dan menyebabkan perubahan tipe yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe bisa dipidana dengan pidana penjara paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp 24 juta," bunyi Pasal 277 UU Nomor 22 Tahun 2009.

Berita Terkait

Bupati Karanganyar Langsung Geber Jeep Rubicon menuju DPRD Tiba dari Dealer

Maya Rosfi'ah

Deretan Mobil Bekas Yang Paling Dicari Jelang Lebaran, Awas Modus Pedagang Tipu Tipu

Maya Rosfi'ah

Indonesia Siap Menjadi Tuan Rumah Vespa World Days 2020 di Bali

Maya Rosfi'ah

Tanda-tanda Toyota Innova Baru Bakal Rilis pada Maret 2020

Maya Rosfi'ah

Teknologi Body Paint Kilat Auto2000 Balikpapan Diakui di Kawasan Asia Pasifik

Maya Rosfi'ah

Toyota Diskon Jasa 30 Persen & Spare Part 10 Persen buat Mobil Korban Banjir Jabodetabek

Maya Rosfi'ah

Main Tambah Oli di Mesin Mobil Bisa Bikin Masalah di Kemudian Hari

Maya Rosfi'ah

Honda Genio, Skutik Rasa Retro Terbaru Bermesin 110 CC Hari Ini Mengaspal

Maya Rosfi'ah

Buka Harga Rp 350 Juta Showroom Ini Tawarkan Mobil Mr Bean

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment