Image default
Kesehatan

Penjelasan Dokter Tentang Cara Ampuh buat Penderita Hepatitis A Agar Sembuh Total

Penyakit Hepatitis A yang berasal dari virus dengan nama yang sama bisa menyerang kapan saja karena paling mudah penyebarannya berasal dari makanan yang dikonsumsi. Seperti yang terjadi di Depok, Jawa Barat sejumlah siswa dan guru secara tiba tiba terserang penyakit yang menyerang organ hati ini, walaupun sampai saat ini masih dilakukan penelitian lebih detil tentang penyebabnya. Masa Inkubasi penyakit Hepatitis A ini berlangsung selama 14 hingga 28 hari, yang tanda tanda awalnya seperti warna kulit menguning, mual, muntah, pusing, flu, hingga nafsu makan menurun.

Prof. Dr. Ari F Syam SpPD KGEH, Akademisi dan Praktisi Kesehatan menyebutkan resep utama penyembuhan Hepatitis A adalah istirahat total serta makan yang teratur dan cukup gizi dan banyak mengkonsumsi buah dan sayur sayuran. Pasien bisa beristirahat di rumah atau di rumah sakit, tapi kalau kondisinya sudah mual dan muntah terus menerus biasanya dokter akan menyarankan dirawat di rumah sakit agar mendapatkan tambahan cairan dari infus. Penderita Hepatis A biasanya dalam penanganannya akan diisolasi terlebih dulu, untuk menghindari penyebaran virus melalui kontak langsung dengan pasien.

"Pasien memang perlu diisolasi dan jangan tidur sekamar dengan orang sehat, di rumah sakit pun biasanya pasien tidur hanyak sendiri di kamar dan dipisah dengan pasien lain," kata Prof. Ari. Maka dari itu penting pula bagi yang merawat penderita Hepatitis A untuk memastikan kebugaran tubuh agar tidak ikut tertular virus tersebut. "Khusus untuk yang mengurus orang sakit dengan hepatitis A kalau perlu dengan mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral," ungkap Prof. Ari.

Hindari juga melakukan aktivitas seks dengan penderita Hepatitis A yang bisa menyebabkan ikut tertularnya virus Hepatitis A. "Hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertular Hepatitis A jika melakukan seksual secara anal atau oral," tutur Prof. Ari. Untuk proses penyembuhan penderita Hepatitis A harus rajin cuci tangan pakai sabun yang rutin, sebelum dan sesudah makan dan setelah keluar dari toilet, mengingat penyakit ini tertular melalui makanan dan minuman.

Berita Terkait

Konsumsi Jus Lemon hingga Quinoa Tips Atasi Migrain

Maya Rosfi'ah

Segudang Masalah Akibat Penyakit Katarak, Berikut Kisah Naryo

Maya Rosfi'ah

Kripik Kentang Hingga Minuman Soda 11 Daftra Makanan yang Dapat Menyebabkan Penyakit Kanker

Maya Rosfi'ah

5 Langkah Antisipasi Kejadian Luar Bisa Hepatitis A di Pacitan

Maya Rosfi'ah

Perubahan Ani Yudhoyono Usai Dijenguk Putra Sulungnya, Annisa Pohan Ungkap Sang Mertua Segar Lagi

Maya Rosfi'ah

Pakai Bahan yang Mudah Ditemukan di Rumah 4 Cara Mengatasi Gusi Bengkak secara Alami

Maya Rosfi'ah

Cara Mudah Atasi Rambut yang Rapuh dan Mudah Rontok

Maya Rosfi'ah

Tips Peregangan Otot Saat Dalam Perjalanan Mudik

Maya Rosfi'ah

Tiga Alasan Ini yang Menjelaskan Mi Instan Berbahaya buat Kesehatan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment