Image default
Techno

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir meminta kepada Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk menyosialisasikan produk yang memancarkan radiasi tinggi. Hal itu guna menghindari potensi penyakit yang dihasilkan oleh pancaran radiasi. "BAPETEN mempunyai tugas mensosialisasikan kepada rakyat Indonesia produk produk apa saja yang ada radiasinya," katanya saat membuka acara Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan 'Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir', di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Menurutnya, selama ini mayoritas masyarakat tak peduli terhadap barang atau produk yang menghasilkan radiasi. Ia juga melihat peran edukasi yang kurang dilaksanakan untuk menyadarkan masyarakat akan bahayanya pancaran radiasi terhadap kesehatan tubuh. Untuk itu, selain melakukan sosialisasi, Menteri Nasir meminta BAPETEN untuk mengedukasi masyarakat akan bahayanya pancara radiasi.

"Banyak alat yang digunakan yang mengandung radiasi, tapi tidak tahu betapa pentingnya, selalu tidak pernah diedukasi masyarakat itu," ujarnya. "Kalau kita sudah tahu semua dipublish kepada masyarakat sehingga masyarakat akan memahami 'oh ini adalah barang yang mengandung radiasi'," pungkasnya. Sebelumnya, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) bekerja sama dengan Kepolisian Republik lndonesia (POLRI) dalam rangka penegakan hukum ketenaganukliran.

Penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut dilakukan oleh Sekretaris Utama BAPETEN Hendriyanto Hadi Tjahyono dengan Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri, Brigadir Jenderal Polisi Fadil Imran. Acara digelar sebelum pembukaan Konferensi Informasi Pengawasan (Korinwas) yang bertemakan ”Penegakan Hukum dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir”, di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (30/4/2019).

Berita Terkait

iPhone 11 Pro Max dari dari Rp 19 Jutaan Harga & Spesifikasi iPhone Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Begini Alasannya Emoji Terung & Buah Peach Tiba-tiba Dilarang di Facebook & Instagram

Maya Rosfi'ah

Bentang Layar 5,5 Inci Plus Face Id, Advan S6 Plus Cuma Dilego Rp 800 Ribu

Maya Rosfi'ah

Mengenal Teknologi 32MP Pop Up Camera Vivo V15 Lebih Dekat

Maya Rosfi'ah

Galaxy M30s hingga Galaxy A30s Harga Terbaru HP Samsung Bulan Januari 2020

Maya Rosfi'ah

Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Online Safety Roadshow

Maya Rosfi'ah

9 Jutaan 699 Juta hingga Reno2 Rp 7 dari A1K Rp 1 Daftar Harga HP Oppo Terbaru November 2019

Maya Rosfi'ah

Ini Bedanya Sama Sama Punya Kamera 64 Mp Spesifikasi Dan Harga Redmi Note 8 Pro Dan Realme Xt

Maya Rosfi'ah

Fitur Low Light di Huawei P30 Series, Foto Sensitivitasnya Melampaui Mata Manusia

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment