Image default
Pendidikan

Mendalam & Sedikit Kritik buat Pemerintah Viral Pidato Nadiem Makarim buat Hari Guru Nasional

Berita viral hari ini. Pidato Nadiem Makarim pada peringatan Hari Guru Nasional 25 November mendatang viral. Ingatkan kembali susahnya menjadi guru. Berhasil sentuh hati warganet, guru, dan Indonesia. Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pun berhasil menyentuh hati warganet, para guru, dan Indonesia. Diketahui haltersebut dikarenakan sebuah teks pidato untuk hari Guru Nasional yang diperingati pada 25 November mendatang.

Meski belum tanggalnya, pidato Nadiem Makarim ini telah tersebar di sosial media dan jadi bahan pembicaraan. Menurut Anda apa pekerjaan seorang guru itu? Jika ditelisik dari dasarnya melalui Wikipedia, guru yang berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti 'berat'.

Guru adaadalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Jika ditelisik melaluiUndang undang No. 14 tahun 2005, guru adalahtenaga pendidik profesional di bidangnya yang memiliki tugas utama dalam mendidik, mengajar, membimbing, memberi arahan, memberi pelatihan, memberi penilaian, dan mengadakan evaluasi kepada peserta didik yang menempuh pendidikannya sejak usia dini melalui jalur formal pemerintahan berupa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah.

Namun sebegitu beratnya kah pekerjaan seorang guru itu? Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan baru di era pemerintahan Jokowi kedua inimeng amini keadaan seorang guru di masa kini. Sesuai dengan tulisan dari pidato Hari Guru Nasional yang telah tersebar di sosial media itu, Nadiem Makarim menyebutkan bahwa:

"… Guruadalah yang termulia sekaligus tersulit." Nadiem Makarim juga menuliskan bahwa kegiatan guru itu dibebani dengan tugas mengajar dan aturan birokrasi. Nadiem Makarim juga mengatakan bahwa guru pun bisa frustasi dan strugling dengan kemampuan anak yang seharusnya tidak menghafal saja.

Dalam tulisan pidato yang telah tersebar di sosial media itu juga menegaskan bahwa Nadiem tidak ingin membuat janji kosong kepada guru. Setelah menghargai susahnya menjadi seorang guru, Nadiem Makarim pun juga mendorong guru untuk melakukan perubahan kecil di dalam kelas kepada murid muridnya. Nadiem pun mengajak guru untuk:

1. Berdiskusi dengan murid 2. Kesempatan bagi murid untuk mengajar di kelas. 3. Cetuskan proyek bakti sosial

4. Temukan bakat murid 5. Membantu sesama guru Pekerjaan guru memang berat, tapi kesuksesan dalam mengajar seharusnya tidak hanya diserahkan kepada guru.

Orang tua pun juga menjadi salah satu garis penting untuk pembelajaran anak dan siswa. Meski pidato ini dinilai bagus, beberapa warganet pun juga menuliskan bahwa masih banyak pekerjaan rumah kementerian dan pemerintah untuk pendidikan di Indonesia. Apapun yang terjadi semoga guru dapat mendapat imbalan yang sebaik mungkin untuk kinerjanya dan kemauan untuk mengajar murid muridnya.

Karena kesinambungan antar pendidik, pemerintahan, dan orangtua akan selalu menjadi 3 hal penting dalam mengembangkan anak.

Berita Terkait

PNJ Rintis Go International Lewat Penguatan Kerjasama dengan Kampus di Luar Negeri

Maya Rosfi'ah

Link Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2019, Bisa Diakses di Sini, Diumumkan Besok

Maya Rosfi'ah

Pesan Mahfud MD di Munas IKA UII

Maya Rosfi'ah

Tata Cara Mandi Junub Pakai Debu Jika Tidak Ada Air, Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Maya Rosfi'ah

Link Download PDF Resmi Kisi-kisi UN SMP & SMPLB Tahun 2020 buat Semua Mata Pelajaran

Maya Rosfi'ah

28 Siswa Jadi Pemenang Kompetisi Matematika Nasional Eduversal

Maya Rosfi'ah

Universitas Budi Luhur Kirim 741 Mahasiswa Jalani KKN Semester Genap ke Enam Provinsi

Maya Rosfi'ah

Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 23 Agustus 1967

Maya Rosfi'ah

Unika Atma Jaya Kembali Gelar Social Entrepreneur Marketplace  

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment