Image default
Kesehatan

Manfaat Luar Biasa Ubi Ungu bagi Kesehatan: Lancarkan Pencernaan hingga Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Siapa sangka, ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ubi ungu merupakan umbi umbian yang dapat dengan mudah kita jumpai. Ubi ungu merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dimafaatkan sebagai pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat.

Ubi mentah kaya akan karbohidrat kompleks, serat makanan, dan vitamin termasuk vitamin B3, B6, C, dan folat, serta kalium dan magnesium. Dengan banyaknya kandungan yang ada dalam ubi ungu, tidak mengherankan jika umbi umbian yang satu ini kaya akan manfaat bagi tubuh. Ada banyak kandungan potasium dalam semua jenis umbi umbian, tetapi dalam ubi ungu, potasium terbantu oleh tingginya konsentrasi antioksidan.

Dengan mengurangi ketegangan di pembuluh darah dan arteri, Anda dapat meredakan ketegangan pada sistem kardiovaskular. Sehingga menurunkan risiko aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung koroner. Ubi ungu dikemas dengan antioksidan kuat, termasuk anthocyanin dan flavonoid.

Antioksidan ini telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan yang tak terhitung jumlahnya, tetapi fungsi utamanya adalah menetralkan radikal bebas. Juga menetralkan dari produk sampingan yang berbahaya dari respirasi seluler yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit kronis. Penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi ubi ungu secara teratur meningkatkan tanda tertentu aktivitas enzim hati.

Ini menandakan bahwa tubuh lebih efektif menghilangkan limbah dan membersihkan darah. Ini mungkin dirangsang oleh antioksidan kuat yang ditemukan dalam ubi ungu ini. Salah satu fungsi antioksidan yang paling penting adalah pengaruhnya terhadap senyawa inflamasi di otak.

Dengan membersihkan jalur saraf dan mencegah deposisi beta amiloid, ubi ungu dapat menurunkan risiko penyakit neurodegenaratif. Mengonsumsi umbi umbian dan makanan padat bernutrisi lainnya dapat membantu Anda mencegah makan berlebih dan ngemil di antara waktu makan. Saat Anda mengonsumsi sayuran berserat tinggi, Anda akan merasa kenyang dan memperlambat pelepasan gula darah dan insulin.

Hal itu dapat mencegah rasa lapar. Dengan jumlah yang sangat baik dari senyawa anti inflamasi dan antioksidan, konsumsi ubi ungu teratur dapat membantu mengurangi risiko berbagai kanker. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ubi ungu terdiri dari beberapa zat seperti anthocyanin, asam klorogenat, dan pati resisten yang membantu dalam membunuh yang kanker usus besar sel sel induk.

Selain itu, penelitian ini menyatakan bahwa senyawa warna dalam kentang yang membuatnya ungu menekan pertumbuhan kanker. Dengan jumlah serat yang moderat, ubi ungu dapat merangsang gerakan peristaltik di usus kecil, yang dapat meringankan gejala sembelit, kembung, kram, dan sakit perut. Sifat anti inflamasi juga dapat meredakan kondisi seperti sindrom iritasi usus.

Makanan padat bertepung dan karbohidrat dapat menjadi cara terbaik untuk meningkatkan tingkat energi Anda dan meningkatkan daya tahan Anda saat melakukan tugas fisik. Dengan mengurangi kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan menipiskan darah, ubi ungu sangat ideal untuk mencegah pembekuan darah. Pembekuan darah dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

Namun, properti pengencer darah dari ubi ungu berarti ia harus dihindari sebelum operasi, atau jika Anda menderita gangguan pendarahan.

Berita Terkait

Ini 6 Cara Salah Menggendong Bayi Ternyata Bisa Bahayakan Kesehatan Sering Dilakukan

Maya Rosfi'ah

Karbohidrat Bikin Gemuk Adalah Persepsi yang Salah, Ini Penjelasannya

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

Sering Disebut ‘Dijilat Setan’, Memar Tanpa Sebab Bisa Jadi Tanda Penyakit Berat!

Maya Rosfi'ah

Konsumsi Jus Lemon hingga Quinoa Tips Atasi Migrain

Maya Rosfi'ah

Ilmuwan Sebut Tak Perlu Khawatir Terungkap Strain Terbaru Virus HIV Setelah Hampir 20 Tahun

Maya Rosfi'ah

Dua Obat Kanker yang Rencananya Dihapus dari Layanan BPJS Kesehatan Ditunda

Maya Rosfi'ah

Solusi Bibir Pecah Pecah, Coba Tips Praktisi Kesehatan Andrew Weil MD Ini, Mudah!

Maya Rosfi'ah

Terapi Larotrectinib dan Tes Genom untuk Pencegahan Kanker

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment