Image default
Kesehatan

Kurangi Risiko Kanker hingga Atasi Bau Mulut 10 Manfaat yang Ada Pada Timun

Mentimun merupakan makanan biasa kita temui di berbagai hidangan, biasanya sebagai lalapan. Meskipun biasanya dianggap sebagai sayuran, mentimun sebenarnya adalah buah. Mentimun memiliki tinggi nutrisi yang bermanfaat, serta senyawa dan antioksidan tanaman tertentu yang dapat membantu mengobati dan bahkan mencegah beberapa kondisi penyakit.

Mentimun ini rendah kalori, mengandung banyak air dan serat larut, membuatnya sangat cocok untuk meningkatkan hidrasi dan membantu penurunan berat badan. Taukah Anda bahwa mentimun memiliki sangat banyak vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh. Kalori: 45

Total lemak: 0 gram Karbohidrat: 11 gram Protein: 2 gram

Serat: 2 gram Vitamin C: 14% dari RDI (Reference Daily Intakes) Vitamin K: 62% dari RDI

Magnesium: 10% dari RDI Kalium: 13% dari RDI Mangan: 12% dari RDI

Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Faktanya, mentimun terdiri dari sekitar 96% air. Kandungan nutrisi timun akan lebih baik bila dimakan tanpa dikupas.

Mentimun mengandung zat antioksidan, termasuk flavonoid dan tanin didalamnya. Zat yang ada pada timun ini dapat mencegah akumulasi radikal bebas berbahaya yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis. Kandungan antioksidan ini juga dapat mengatasi kerutan pada kulit, dapat mengatasi efek penuaan pada kulit.

Antioksidan ini juga berfungsi menenangkan kulit dan mengatasi iritasi yang mungkin terjadi pada kulit. Mentimun terdiri dari kandungan air yang cukup tinggi, yaitu sekitar 96% air. Kandungan air yang tinggi ini dapat membantu meningkatkan hidrasi tubuh Anda.

Selain itu mentimun juga membantu Anda memenuhi kebutuhan cairan harian Anda. Mentimun berpotensi membantu Anda menurunkan berat badan dan melancarkan pencernaan. Kandungan kalori dalam mentimun cukup rendah, yaitu dalam satu porsi mentimun hanya mengandung 45 kalori.

Ini berarti Anda bisa makan banyak mentimun tanpa mengemas kalori ekstra yang menyebabkan kenaikan berat badan. Mentimun dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung serat yang tidak larut yang dapat membersihkan dan memperlancar saluran pencernaan. Beberapa penelitian menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah.

Zat yang ada pada mentimunberfungsi mencegah beberapa komplikasi diabetes. Mentimun mungkin efektif dalam mengurangi stres oksidatif yang dapat mencegah komplikasi yang berhubungan dengan diabetes. Seperti yang disebutkan, mentimun memiliki banyak serat, yang sangat bagus untuk mendukung usus yang sehat.

Mentimun yang berprotein ini dapat melancarkan dan membersihkan usus Anda. Mentimun dapat membantu keteraturan buang air besar dan meningkatkan kesehatan usus Anda. Mentimun kaya akan vitamin K, yang ternyata juga dibutuhkan oleh tulang untuk menjaga kesehatan tulang.

Hal ini karena tulang tidak hanya membutuhkan kalsium saja. Kandungan Vitamin K yang ada pada mentimun ini membantu tulang tetap kuat dan juga mengurangi resiko kerapuhan tulang. Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, dapat membuat Anda berisiko terkena aneurisma, stroke, atau lebih buruk.

Karena mentimun kaya akan kalium elektrolit, timun dapat mengurangi retensi air yang diinduksi natrium dan dengan demikian menurunkan tekanan darah. Kandungan elektrolit yang ada pada entimun inilah yang membantu mengurangi resiko tekanan darah pada seseorang. Mentimun memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang baik melindungi jantung.

Biji mentimun juga berfungsi mengurangi kadar kolesterol yang dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Mentimun dapat mengurangi penyakit kardiovaskular karena mengandung zat potassium. Dengan mengkonsumsi mentimun Anda bisa meningkatkan kebutuhan kalium Anda.

Mentimun membantu menurunkan responperadangan pada tubuh. Zat polifenol atau yang biasa disebut lignan ini dapat berpotensi mengurangi resiko kanker. Mentimun termasuk dalam daftar tanaman cucurbatins yang memiliki sifat anti kanker.

Pengembangan sel kanker dan kelangsungan hidup dapat dihambat oleh aktivitas cucurbitacins. Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri di dalam mulut. Serat dan sayuran yang kaya air seperti mentimun dapat meningkatkan produksi air liur mulut Anda.

Zat yang ada pada mentimun dapat membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan bau di mulut. Itu tadi adalah 10 manfaat dalam mentimun. Nutrisi dan vitamin yang ada pada mentimun, dapat bermanfaat untuk menjaga dan memperbaiki kesehatan tubuh.

Berita Terkait

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Dua Obat Kanker yang Rencananya Dihapus dari Layanan BPJS Kesehatan Ditunda

Maya Rosfi'ah

Iuran BPJS Kesehatan Naik! Berikut Rincian Perubahan Tarif Tiap Kelas Per 1 Januari 2020 Hari Ini

Maya Rosfi'ah

Dikenal Menyehatkan, Baiknya Jangan Beri Air Kelapa Muda Jika Orang Mengalami 5 Kondisi Ini

Maya Rosfi'ah

Wanita Alami Cedera Tulang Belakang karena BB Naik Drastis, Salahkan Suami karena Masak Makanan Enak

Maya Rosfi'ah

Lengkuas Punya 5 Manfaat Ini buat Obati Penyakit Tak Hanya Jadi Bumbu Penyedap

Maya Rosfi'ah

Mengenal Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening yang Jadi Penyebab Ria Irawan Meninggal

Maya Rosfi'ah

Deretan Kebiasaan Sehari Hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Tubuh, Termasuk Pakai Sandal Jepit

Maya Rosfi'ah

Empat Trik Sederhana Hindari Virus Corona Ala Ahli Kesehatan Masyarakat

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment