Image default
Kesehatan

Konsumsi Buah Dan Sayur Hingga Banyak Minum Air Putih Cara Mudah Jaga Stamina Saat Cuaca Ekstrim

Menjaga stamina pada saat cuaca ekstrim seperti sekarang menjadi hal yang sangat penting. Cuaca yang mudah berubah dari cuaca yang sangat panas hingga tiba tiba turun hujan. Bukan tidak mungkin hal tersebut membuat daya tahan tubuh melemah.

Dalam kondisi yang tidak menentu seperti itu, virus dan bakteri akan lebih cepat berkembang. Oleh karena itu, menjaga stamina dan daya tahan tubuh sangat diperlukan. Dikutip dari web RS Awal Bros (Pekanbaru), dr Rizky Fattima membagikan beberapa tips menjaga stamina saat cuaca ekstrim.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga stamina di cuaca ekstrim: Makanan yang kaya akan kandungan antioksidan yaitu sayuran dan buah buahan penting untuk mendukung sistem kekebalan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menekan kerusakan dalam sel serta mendukung sistem imunitas.

Sayuran dapat membantu meningkatkan produksi senyawa untuk mengatur kekebalan tubuh Anda. Penting bagi tubuh Anda untuk mengkonsumsi protein. Mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup membantu memperbaiki serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Melakukan olahraga secara teratur dapat mengontrol dan mengatur sel T, yaitu sejenis sel darah putih yang berfungsi untuk menjaga kekebaan tubuh terhadap penyakit atau infeksi. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dalam hasil studi penelitian ditemukan bahwa orang yang rutin berolahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan influenza atau flu sebesar 50%.

Untuk itu luangkanlah waktu 30 menit untuk berolahraga dalam sehari. Stres dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Jika Anda sudah termasuk dalam kategori stres akut atau kronis, maka hal ini akan berdampak buruk bagi kekebalan tubuh Anda.

Stress akut yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga menjadi rentan terkena penyakit. Oleh karena itu kendalikan stres Anda agar daya tahan tubuh tetap tejaga baik dan tetap sehat. Menjaga kebersihan diri penting bagi kekebalan tubuh.

Menurut Centers of Disease Control and Prevention dengan mencuci tangan saja, Anda sudah menjaga kebersihan tangan. Hal ini merupakan satu cara yang baik untuk dapat menangkal berbagai penyakit. Selain itu penting menjaga pola hidup yang sehat dan menjaga kebersihan seperti makan dan minuman yang higienis, serta menjaga kebersihan lingkungan.

Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh dari berbagai penyakit. Istirahat yang cukup dapat membantu mengoptimalkan fungsi imunitas sehingga daya tahan tubuh menjadi meningkat. Selain itu, istirahat juga dapat mengontrol stress, hati, pikiran dan masalah sejenak.

Mengkonsumsi suplemen atau multivitamin dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda, karena dengan mengkonsumsi suplemen dapat mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh seharian serta dapat memelihara fungsi dalam tubuh dan daya tahan tubuh supaya tetap. Hal ini sangat sering dilupakan dan disepelekan banyak orang. Air putih bermanfaat untuk kesehatan terutama dalam menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan energi.

Jadi jangan lupa siapkan air mineral saat beraktivitas saat perubahan cuaca yang ekstrim.

Berita Terkait

Deretan Kebiasaan Sehari Hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Tubuh, Termasuk Pakai Sandal Jepit

Maya Rosfi'ah

Lakukan Lima Langkah Sederhana Cegah Penularan Virus Corona Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Maya Rosfi'ah

KOPMAS Laporkan Temuan Pelanggaran Per BPOM Tentang Label Pangan Olahan Oleh Produsen SKM

Maya Rosfi'ah

Lengkuas Punya 5 Manfaat Ini buat Obati Penyakit Tak Hanya Jadi Bumbu Penyedap

Maya Rosfi'ah

5 Langkah Antisipasi Kejadian Luar Bisa Hepatitis A di Pacitan

Maya Rosfi'ah

Tak Hanya Arifin Ilham, 5 Artis Ini Gigih Lawan Kanker, Ada yang Meninggal, Ada yang Masih Bertahan

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

KLB Hepatitis A, 824 Warga Pacitan Harus Istirahat Total, Dilarang Konsumsi Makanan Mentah

Maya Rosfi'ah

Kemenkes Sebut Wabah Antraks di Gunungkidul Bisa Dikendalikan

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment