Image default
Pendidikan

Keren! Les Gambar, Solusi Positif Titip Anak Bagi Ibu Pekerja

Memilih bekerja untuk membantu meringankan biaya hidup terkadang menghadirkan dilema di hati para ibu. Pro kontra dari dulu hingga kini mewarnai pilihan hidup para ibu pekerja. Dari mulai pola makan anak menjadi tak teratur, menyerahkan pengasuhan kepada orang lain yang belum tentu memiliki persepsi yang sama dalam mendidik anak, juga ketiadaan waktu untuk memberi perhatian lebih terutama ketika anak sakit. Ibu cerdas akan berusaha mencari solusi tepat untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi sehingga kedua belah pihak, baik ibu ataupun anak merasa nyaman. Les anak yang mulai menjamur di perkotaan menjadi alternatif positif bagi para ibu pekerja.

Berbagai kegiatan les bisa dipilih ibu. Ada les mengaji, berhitung, dan baca tulis. Les gambar biasanya merupakan pilihan utama para ibu. Mereka menganggap, anak-anak pasti menyukai aktivitas menggambar. Para ibu percaya les gambar memiliki banyak nilai positif seperti melatih keterampilan gerakan motorik halus dan mengembangkan daya imajinasi. Tidak kalah penting adalah membuat anak merasa sangat bahagia menikmati proses dari mulai mencari ide apa yang akan di gambar, berusaha menyelesaikan gambar, dan tersenyum puas saat melihat hasil akhir dari gambar tersebut. Kebahagiaan anak adalah hal terpenting di hati para ibu.

Ada beberapa tips penting sebelum mendaftarkan anak mengikuti les menggambar.

Minat Anak

Pada dasarnya setiap anak suka menggambar. Bayi yang sudah mulai bisa menggenggam pensil atau alat tulis sejenis, biasanya akan mulai belajar mencoret pada benda apa saja yang ditemuinya. Jika tidak menemukan benda apa pun di sekitar tempat duduknya, atau kertas yang disediakan sudah penuh dengan “karya-karyanya,” bayi akan merangkak atau berjalan menuju tembok dan siap melanjutkan kembali “ide-idenya” yang sempat tertunda tadi. Oleh karena itu, anak usia 1-7 tahun biasanya menaruh minat yang besar dalam hal menggambar. Namun, jika anak sama sekali tidak berminat untuk menggambar, sebaiknya ibu jangan memaksa. Jika ibu tetap bersikeras menyuruh anak mengikuti les gambar, anak akan dikhawatirkan menjadi tertekan. Anak tidak akan bahagia dan cenderung menjadi uring-uringan.

Lokasi

Memilih lokasi yang tepat akan memudahkan ibu dalam mengawasi dan atau mengantar dan menjemput anak. Sangat dianjurkan memilih tempat yang dekat dengan lokasi bekerja ibu. Jika berbisnis di rumah, pilih lokasi yang dekat dengan rumah. Jika berkantor di salah satu wilayah kota, pilihlah tempat yang terdekat dengan kantor ibu.

Waktu

Disamping menyesuaikan waktu les anak dengan jam kerja ibu, hal lain yang harus dipertimbangkan adalah waktu yang tepat di saat anak bersemangat dalam menggambar dan menerima pengetahuan terkait teknik dasar menggambar maupun mewarnai. Jangan paksa anak les dalam keadaan masih mengantuk di pagi hari atau dalam keadaan kurang sehat. Sebaiknya perhatikan jam-jam aktif anak bermain dan belajar. Menggambar dan mewarnai merupakan hal yang menyenangkan bagi anak. Jangan sampai pemilihan waktu yang tidak tepat membuat anak tidak menikmati rutinitas yang sebenarnya sangat membahagiakan hatinya.

Guru Pendamping

Memiliki pelatih yang ramah, baik, dan mengerti keadaan siswa yang dididik merupakan hal terpenting dari ketiga di atas. Minat ada, lokasi bagus, dan waktu yang tepat jika tidak diimbangi dengan pelatih yang baik, dikhawatirkan anak menjadi tidak betah bermain dan belajar di sana. Guru yang bijak adalah orang yang mampu menemukan cara yang tepat untuk menarik minat dan memunculkan bakat gambar anak. Siapa tahu dikemudian hari bakat menggambarnya menjadi pekerjaan yang menjanjikan dan menghasilkan bagi anak.

Sebaik-baik pengasuhan ada pada ibu kandung. Namun, jika terkendala dengan berbagai hal yang mengharuskan anak untuk ditinggal bekerja, memilih pengasuh dan tempat pengasuhan terbaik untuk tumbuh kembang fisik dan psikis adalah prioritas utama. Samahalnya dengan tempat les anak yang mengarahkan kearah yang positif juga bisa jadi pertimbangan Anda sebagai seorang ibu. Jadi buat para ibu, pertimbangkan baik-baik tips di atas ya. Semoga membantu.

Berita Terkait

Maruarar Sirait Ingatkan Penerima Beasiswa China untuk Setia pada Pancasila

Maya Rosfi'ah

Pengumuman Hasil SNMPTN 2019 Besok! Jika Lolos, Simak Tahap Penting dan Wajib Berikut

Maya Rosfi'ah

Pengumuman Hasil Utbk Sbmptn 2019 Pukul 17 00 Wib Cukup Pakai Email Dan Password Lupa Ini Solusinya

Maya Rosfi'ah

Aplikasi Kelas Pintar Luncurkan Fitur Baru ‘Tanya’

Maya Rosfi'ah

Tata Cara Mandi Junub Pakai Debu Jika Tidak Ada Air, Ini Penjelasan dari Ustaz Abdul Somad

Maya Rosfi'ah

Extramarks Indonesia dan Sekolah Al Azhar Syifa Budi Jalin Kerjasama Inovatif

Maya Rosfi'ah

Niat Dan Pahala Besar Puasa Dzulhijjah Tarwiyah Dan Arafah Selasa 6 Agustus 2019 Arti Dan Keutamaan

Maya Rosfi'ah

Biaya SPP SMA/SMK Negeri Provinsi Jawa Barat akan Digratiskan Ridwan Kamil Bagikan Berita Gembira

Maya Rosfi'ah

Simak Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri 10 PTN Paling Diminati, Cek Link di Sini!

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment