Image default
Techno

Kenali Makna di Balik Logo & Kelebihan PS5 Sony Rilis Logo PlayStation 5

Sony secara resmi telah memperkenalkan logo baru untuk konsol terbaru yakni PlayStation 5 (PS5) pada gelaran Consumer Electronics Show (CES) 2020, Selasa (7/1/2020). Pada gelaran CES 2020, Sony belum memamerkan bentuk fisik PS5. Sony mengonfirmasi sejumlah spesifikasi menarik yang sebelumnya telah dirumorkan.

Spesifikasi dengan dukungan audio 3D dan hard drive SSD untuk waktu pemuatan yang lebih cepat, dikutip dari . Logo PS5 ini sangat mirip dengan logo PS4, hanya memuat satu perbedaan utama. Perbedaan tersebut pada diubahnya angka empat menjadi lima.

Untuk logo PS5, Sony sekali lagi mengikuti jejak dari PlayStation 3 dan PlayStation 4. Disadur dari , font yang digunakan juga sama, selain itu juga tidak ada perkembangan desain. Dikonfirmasi PS5 akan rilis pada musim liburan 2020.

Selain itu, Sony juga mengumumkan bahwa telah berhasil menjual lebih dari 5 juta unit headset PS VR dan 104 juta unit PS4. Sony menjelaskan PS5 akan mendukung grafis 8K, ray tracing, SSD super cepat untuk mengurangi waktu muat, dan kompatibilitas PS4. Di bagian perangkat keras, perkirakan CPU delapan inti (berdasarkan arsitektur Zen 2 AMD yang baru) dan GPU khusus berdasarkan perangkat keras AMD Radeon Navi.

Logo PlayStation diresmikan pada 1994, menampilkan simbol PS yang sudah dikenal. Gambaran 'P' berdiri tegak dengan 'S' hampir horizontal ini dirancang oleh seniman Jepang, Manabu Sakamoto, dikutip dari . Dari skema warna, logo PlayStation saat ini adalah yang paling minimalis.

Kombinasi klasik hitam dan putih menciptakan kontras yang elegan dan menarik. Dalam segi bentuk, logo saat ini adalah salinan pendahulunya yang hampir identik. Logo tersebut masih digunakan Sony pada konsol terbaru mereka PS5.

Dilansir dari , berikut beberapa kelebihan dalam PlayStation 5 yang menarik untuk diketahui. PS5 dikabarkan menggunakan chip pemrosesan grafis baru, prosesor dari AMD berbasis lini terbarunya, yakni Ryzen. PS5 akan memberi perubahan dasar soal grafis.

Menggunakan kartu grafis Navi besutan Radeon. Namun, chip ini belum dirilis hingga saat ini. PS5 kabarkan akan mengusung solid state drive .

Yakni sebuahhardware yang lebih cepat ketimbang hard disk tradisional. Dengan drive storage baru, loading gim yang biasanya 15 detik, berkurang jadi tak sampai satu detik saja. Bisa dibilang, loading tidak akan kamu temukan di konsol ini.

PS5 dikabarkan mampu memproduksi konten beresolusi hingga 8K. Bisa dibayangkan bagaimana rasanya bermain game dengan resolusi 8K. Sony ingin membuktikan bahwa konsol ini bisa digunakan selama bertahun tahun, hingga para pengembang berhasil membuat game resolusi 8k.

PS5 dikabarkan dapat mendukung konten visual berupa 'Ray Tracing'. Ray Tracing merupakan sebuah konten visual yang pada dasarnya adalah 'pencahayaan yang lebih kuat'. Ini akan membuat pencahayaan virtual akan lebih natural dan jauh lebih imersif dari sebelumnya.

Sony menyematkan kemudahan dengan dukungan game PS4 dimainkan di PS5. Kompatibilitas mundur, atau istilah di mana game lawas bisa diterapkan di konsol baru. Selain itu PS5 juga diprediksi bisa menerapkan semua game yang tidak berbasis disk.

PlayStation VR akan dirilis dalam versi baru. Rilisan yang lebih baik di aspek higher fidelity untuk PS5. Namun headset PlayStation VR untuk PS4 masih berfungsi dengan baik di PS5.

Selain itu, PS5 dikabarkan akan mendukung kontroler PlayStation Move dan juga PlayStation Camera. Itu semua adalah komponen penting di sistem PlayStation VR. Informasi terbaru soal kontroler atau joystick terbaru PS5 sempat dibagikan oleh Jim Ryan Presiden dan CEO Sony Interactive Entertainment.

Kabarnya kontroler akan menggunakan haptic feedback , menggantikan vibrasi tradisional. Feedback haptic membuat feedback lebih responsif dan sensitif sehingga dapat menyesuaikan berbagai kondisi game. Akan ada feedback berbeda antara game racing dan game first person shooter ketika dimainkan.

Kontroler juga akan memiliki trigger adaptif yang dapat diprogram sesuai tingkat ketegangan game. Menurut rumor, PS5 bakal memiliki hardware jauh lebih bertenaga dibanding pendahulu pendahulunya. PS5 dikabarkan akan dibekali CPU Ryzen dan GPU Navi dari AMD, berikut media penyimpanan jenis SSD.

Dimungkinkan juga konsol ini dapat menjalankan game PS1 hingga PS4. Menggunakan hardware gahar dimungkinkan konsol inidapat mendukung berbagai macam teknologi grafis termutakhir, tampilan visual lebih realistis, seperti ray tracing, dan resolusi 8K.

Berita Terkait

Redmi Note 8 hingga Redmi Note 8 Pro Harga Terbaru HP Xiaomi Bulan Oktober 2019

Maya Rosfi'ah

Jaringan Seluler Indosat Sempat Terganggu oleh Banjir

Maya Rosfi'ah

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Maya Rosfi'ah

Pemerintah Bakal Blokir HP Blackmarket Mulai Agustus 2019, Begini Cara Mudah Cek Nomor IMEI

Maya Rosfi'ah

Fakta Dalam Waktu Dekat Samsung Kenalkan Seri Galaxy M40

Maya Rosfi'ah

9 Juta Resmi Masuk menuju Indonesia dengan Harga Rp 6 Harga & Spesifikasi Asus Zenfone 6

Maya Rosfi'ah

Tips Memilih Smartphone di Gelaran Mega Sale 11.11 Realme

Maya Rosfi'ah

Cyber Crime Tinggi, Indonesia Diminta Tingkatkan Cyber Security

Maya Rosfi'ah

Bentang Layar 5,5 Inci Plus Face Id, Advan S6 Plus Cuma Dilego Rp 800 Ribu

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment