Image default
Kesehatan

Ibu dengan Banyak Anak Kata Peneliti Cenderung Awet Muda, Ini Penjelasannya

Semakin banyak tren para artis wanita yang memiliki banyak anak, sebut saja Mieke Amalia, Enno Lerian, Ussy Sulistiawaty, dan Zaskia Adya Mecca misalnya. Memiliki banyak anak bisa jadi rahasia mengapa mereka tetap terlihat cantik danawet muda. Pasalnya sebuah penelitian berhasil menunjukkan hubungan antara jumlah anak dengan pelambatan penuaan pada wanita.

Penelitian ini dilakukan studi yang dipimpin oleh profesor ilmu kesehatan Pablo Nepomnaschy dan peneliti postdoctoral Cindy Barhadari Universitas Simon Fraser, Kanada. Hasilnya, semakin banyak anak yang dimiliki seorang ibu, maka akan semakin lambat tingkat penuaan tubuhnya. Hal ini dikarenakan ibu yang melahirkan lebih dari dua kali memiliki telomer yang lebih panjang daripadaibu yang hanya melahirkan satu atau dua kali seumur hidupnya.

Telomer merupakan bagian penting dari sel manusia yang memengaruhi usia sel kita. Telomer adalah penutup di ujung setiap untai DNA yang melindungi kromosom kita, fungsinya mirip seperti ujung plastik di tali sepatu. Tanpa lapisan ini, tali sepatu akan mudah menjadi usang sampai akhirnya tidak bisa lagi digunakan dengan baik.

Seperti halnya tali sepatu, kromosom tanpa telomer menjadikan untaian DNA mudah rusak dan sel sel kita tidak dapat berfungsi dengan baik. Pemendekan telomer terlibat dalam semua aspek proses penuaan pada tingkat sel. Banyak penelitian ilmiah telah menunjukkan hubungan yang kuat antara telomer pendek dan penuaan sel.

Panjang telomer mewakili usia biologis kita. Bisa saja di usia yang masih muda, sel sel kita sudah mengalami penuaan akibat telomer pada kromosom pendek. "Lambatnya pemendekan telomer yang ditemukan pada peserta studi yang memiliki lebih banyak anak, dapat dikaitkan dengan peningkatan dramatis dalam estrogen, hormon yang diproduksi selama kehamilan," kata Nepomnasch. MenurutNepomnasch, Estrogen berfungsi sebagai antioksidan kuat yang melindungi sel terhadap pemendekan telomer.

Selain itu, lingkungan sosial tempat tinggal juga dapat memengaruhi hubungan antara upaya reproduksi Moms dan laju penuaan. "Para wanita yang melahirkan banyak anak menerima lebih banyak dukungan sosial dari kerabat dan teman teman mereka," jelas Nepomnaschy. Dukungan yang lebih besar ini mengarah pada peningkatan jumlah energi metabolisme yang dapat dialokasikan untuk pemeliharaan jaringan, sehingga memperlambat proses penuaan.

Berita Terkait

Jadi Buruan Artis Hingga Izinnya Hanya Dokter Umum Fakta Klinik Suntik Punca Ilegal Disegel

Maya Rosfi'ah

Dua Pasien Sudah Diberitahu Mereka Positif Terkena Virus Corona Kemenkes

Maya Rosfi'ah

Penangkalnya Makanan Sederhana yang Ada di Sekitar Kita Virus Corona Menyebar

Maya Rosfi'ah

Alat Makan Sampai Tenda di Pusat Observasi WNI dari Wuhan Disemprot Desinfeksi 3 Kali Sehari

Maya Rosfi'ah

Reaksi Masyarakat Atas Ucapan Menkes Terawan Salahkan Pembeli Masker Harga Mahal yang Viral

Maya Rosfi'ah

5 Inovasi Produk Makanan Terbaik buat Membantu Menanggulangi Stunting & Anemia

Maya Rosfi'ah

Cegah Stunting pada Anak, Ini Asupan Makanan yang Disarankan

Maya Rosfi'ah

Cuci Tangan Bantu Cegah Wabah Pneumonia Seperti yang Terjadi di Wuhan Tiongkok

Maya Rosfi'ah

Sering Buang Air Kecil hingga Lelah Setiap Saat 9 Tanda Diabetes yang Jarang Diketahui

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment