Image default
Bisnis

Harga Minyak Langsung Jatuh ke Level Terendah Pasca Donald Trump Naikkan Tarif Meksiko

Harga minyak turun 1,5% pada perdagangan Jumat ke level terendah dalam hampir tiga bulan setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan ia akan mengenakan tarif impor terhadap seluruh produk dari Meksiko. Pernyataan Trump ini memicu kekhawatiran tentang pertumbuhan ekonomi global. Mengutip Reuters, Jumat (31/5), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman bulan depan, patokan internasional untuk harga minyak, berada di US$ 65,86 pada 0019 GMT, terendah sejak 11 Maret. Itu turun lebih dari satu dolar, atau 1,5%, dari penutupan sesi terakhir. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS berada di US$ 55,78 per barel, turun 81 sen, atau 1,5%, dari penyelesaian terakhir mereka. WTI sebelumnya menandai level terendah sejak 8 Maret di US$ 55,66 per barel.

Trump meningkatkan ketegangan perdagangan secara global dengan bersumpah untuk mengenakan tarif pada semua barang dari Meksiko, memicu kekhawatiran atas pertumbuhan ekonomi dan selera terhadap minyak. Harga minyak mentah juga berada di bawah tekanan dari penurunan stok AS yang lebih kecil dari perkiraan. Administrasi Informasi Energi AS (EIA) mengatakan stok minyak mentah AS turun hampir 300.000 barel pekan lalu, kurang dari perkiraan analis penurunan 900.000 barel dalam jajak pendapat Reuters dan jauh di bawah penarikan 5,3 juta barel, American Petroleum Institute (API) melaporkan terlambat Rabu.

Sementara itu, eksportir minyak utama Arab Saudi telah meningkatkan produksi pada bulan Mei, sebuah survei Reuters menemukan, tetapi tidak cukup untuk mengimbangi ekspor Iran yang lebih rendah yang runtuh setelah Amerika Serikat memperketat sekrup di Teheran. Washington akan menjatuhkan sanksi kepada negara mana pun yang membeli minyak dari Iran setelah berakhirnya keringanan pada 2 Mei, Perwakilan Khusus AS untuk Iran Brian Hook mengatakan pada hari Kamis.

Berita Terkait

Sore Ini Rupiah Tembus Rp 14.932 Per Dollar AS Ditutup Melemah Terhadap Dollar AS

Maya Rosfi'ah

Ekspor Produk Home Decor Digenjot Lagi Tren di Eropa

Maya Rosfi'ah

Penolak Omnibus Law RUU Cipta Kerja wajib Melihat Secara Jernih Pengamat

Maya Rosfi'ah

Angkasa Pura Logistik Sewa Pesawat ATR 72-500F Pelita Air Kembangkan Bisnis Kargo

Maya Rosfi'ah

Begini Kata BEI Saham IPO Sering Auto Reject Dianggap Liar

Maya Rosfi'ah

JNE Pecahkan Rekor MURI Pembagian Liwetan Terbanyak di Perayaan HUT Ke-29

Maya Rosfi'ah

Militer Iran Tembak Jatuh Drone AS, Harga Minyak Langsung Melompat Tinggi

Maya Rosfi'ah

Waspadai Pelemahan IHSG menuju Level 3.686

Maya Rosfi'ah

Qory Sandioriva Kini Fokus Jalani Bisnis Kuliner dan Hampers Cantik

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment