Image default
Nasional

Gempa Hari Ini BMKG Catat 5 Kali Gempa Bumi Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia

Simak daftar wilayah Indonesia yang dilanda gempa bumi pada Kamis (28/2/2019). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat sedikitnya telah terjadi 5 kali gempa bumi pada hari ini. Hal itu diungkapkan BMKG melalui Twitter resmi @infoBMKG hingga situs BMKG.

Kekuatan rata rata gempa bumi tersebut berkisar dari Magnitudo (M) 4.0 hingga 5.6. Berikut ini daftar 5 gempa bumi yang landa sejumlah wilayah Indonesia pada Kamis (28/2/2019): Gempa bumi pertama pada kamis ini terjadi di Solo, Sumatera Barat.

Gempa berkekuatan magnitudo 4,8 ini terjadi pada pukul 01:55:02 WIB. Lewat Twitter, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa beradadi darat 19 km barat daya Kabupaten Solok Selatan Tepatnya pada koordinat 1.59 Lintang Selatan (LS) hingga101.27 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 11 km.

Gempa yang mengguncang Solok Sumatera Barattersebut dirasakan (MMI) III di Solok Selatan. Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi resmi mengenai jumlah kerusakan akibat gempa. Gempa bumi kedua pada kamis ini terjadi di Pasaman, Sumatera Barat.

Gempa berkekuatan magnitudo 5,6 ini terjadi pada pukul 06:27:05 WIB. Lewat Twitter, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa beradadi laut 38 km timur laut Pasaman, Sumatera Barat. Tepatnya pada koordinat 1.40 Lintang Selatan (LS) dan 101.55 Bujur Timur (BT). dengan kedalaman 10 km.

Gempa yang terjadi dirasakan dengan skala (MMI) IV Solok Selatan. Di wilayah Padang dirasakan dengan skala (MMI) III IV. Skala (MMI) II III dirasakan di Painan dan Padang Panjang.

Sementara itu skala (MMI) II dirasakan di wilayah Muaro Siberut, Mukomuko, Bukittinggi, Payakumbuh 50 Kota, Kepahiang. Gempa Bumi ke tiga hari ini terjadi di Pandeglang, Banten. Gempa berkekuatan magnitudo 4,0 ini terjadi pada pukul 07:54:25 WIB

Lewat Twitter, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan pusat gempa beradadi laut 95 kilometer barat daya Pandeglang. Tepatnya pada koordinat 7.35 Lintang Selatan (LS) dan 105.33 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 11 km. Gempa dirasakan dengan skala (MMI) III di Labuan.

"#Gempa Mag:4.0, 28 Feb 19 07:54:25 WIB, Lok:7.35 LS, 105.33 BT (Pusat gempa berada di laut 95 km BaratDaya Pandeglang), Kedlmn:11 Km Dirasakan (MMI) III Labuan #BMKG," tulis BMKG. Gempa bumi ke empat terjadi di Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Gempa yang mengguncang NTB ini, kata BMKG, terjadi tepatnya di Kabupaten Dompu, NTB pada pukul 14.12.00 WIB.

Menurut catatan BMKG, gempa yang terjadi di Kabupaten Dompu, NTB ini berkekuatan Magnitudo 4,8. Gempa yang mengguncang di Kabupaten Dompu, NTB tersebut berpusat di laut dengan kedalaman 33 kilometer. Dalam tulisan BMKG di media sosial Twitter @infoBMKG mengatakan, gempa yang berada di Kabupaten Dompu, NTB ini berada di 72 kilometer barat laut Kabupaten Dompu.

Gempa yang mengguncang Kabupaten Dompu, NTB ini dirasakan hingga Bima dengan Skala MMI III. #Gempa Mag:4.8, 28 Feb 19 14:12:32 WIB, Lok:8.05 LS, 117.91 BT (Pusat gempa berada di laut 72 km Barat Laut Dompu), Kedlmn:33 Km Dirasakan (MMI) III Bima #BMKG Gempa bumi terbaru hari ini terjadi di Tuapejat Mentawai Sumatera Barat.

Gempa Bumi berkekuatan 5.1 SR terjadi pada pukul pukul 21:18:53 WIB. Pusat gempa ada di lintang 2.12 dan bujur 99.78. Kedalaman gempa tersebut 44 Km berada di 23 km Tenggara Tuapejat, Mentawai, Sumatera Barat.

Gempa yang mengguncang Tuapejat Mentawai Sumatera Barat ini dirasakan hingga Bima dengan Skala MMI III IV Mentawai, III IV Painan, II III Padang, I II Padang Panjang, I II Solok, I II Bukittinggi #Gempa Mag:5.1, 28 Feb 19 21:18:53 WIB, Lok:2.12 LS, 99.78 BT (Pusat gempa berada di laut 23 km tenggara Tua Pejat), Kedlmn:44 Km Dirasakan (MMI) III IV Mentawai, III IV Painan, II III Padang, I II Padang Panjang, I II Solok, I II Bukittinggi #BMKG. Berdasarkan Skala MMI (Modified Mercalli Intensity), beginilah gambaran keadaan yang dirasakan seseorang terhadap guncangan gempa, dikutip dari situs BMKG:

Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan ada truk berlalu.

Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang barang terpelanting, tiang tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti. Getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar, plester dinding jatuh dan cerobong asap pada pabrik rusak, kerusakan ringan.

Tiap tiap orang keluar rumah. Kerusakan ringan pada rumah rumah dengan bangunan dan konstruksi yang baik. Sedangkan pada bangunan yang konstruksinya kurang baik terjadi retak retak bahkan hancur, cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang naik kendaraan. Kerusakan ringan pada bangunan dengan konstruksi yang kuat. Retak retak pada bangunan degan konstruksi kurang baik, dinding dapat lepas dari rangka rumah, cerobong asap pabrik dan monumen monumen roboh, air menjadi keruh. Kerusakan pada bangunan yang kuat, rangka rangka rumah menjadi tidak lurus, banyak retak. Rumah tampak agak berpindah dari pondamennya. Pipa pipa dalam rumah putus.

Bangunan dari kayu yang kuat rusak,rangka rumah lepas dari pondamennya, tanah terbelah rel melengkung, tanah longsor di tiap tiap sungai dan di tanah tanah yang curam. Bangunan bangunan hanya sedikit yang tetap berdiri. Jembatan rusak, terjadi lembah. Pipa dalam tanah tidak dapat dipakai sama sekali, tanah terbelah, rel melengkung sekali. Hancur sama sekali, Gelombang tampak pada permukaan tanah. Pemandangan menjadi gelap. Benda benda terlempar ke udara.

Berita Terkait

Jokowi : Anak Saya Tak Ada yang Tertarik Politik

Maya Rosfi'ah

Bupati Bengkalis Diperiksa Penyidik KPK Soal Korupsi Jalan

Maya Rosfi'ah

Diduga Ini Pertimbangan Jokowi Jika Sodorkan Kursi Menteri ke Sandiaga Uno

Maya Rosfi'ah

PR Penting Di Awal Pemerintahan Jokowi Maruf Amin Menteri Diminta Tidak Saling Serang

Maya Rosfi'ah

Pengacara Tidak Tahu Sakit yang Diderita Romahurmuziy

Maya Rosfi'ah

Mengingat Kembali Upaya Pembunuhan Presiden Soekarno di Hari Raya Idul Adha 1962

Maya Rosfi'ah

Sertifikasi Kompetensi Bisa Perbaiki Upah Kerja

Maya Rosfi'ah

Pengamat Duga karena AHY Tak Dapat Posisi di Kabinet Cuitan Andi Arief Tentang Megawati

Maya Rosfi'ah

Menteri Syafruddin Apresiasi Karateka Indonesia Berhasil Raih Juara Tingkat Internasional

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment