Image default
Techno

Cegah Pelecehan Seksual di Transportasi Online Safety Roadshow

Bagian dari kampanye #AMANUNTUKSEMUA, Grab Indonesia bersama Forum Pengada Layanan (FPL) mengadakan Safety Roadshow di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020). Acara ini merupakan kelanjutan program Roadmap Teknologi Keselamatan yang dikenalkan pada 2018 lalu. Dalam keterangan tertulis yang diterima, kolaborasi Grab dengan FPL bertujuan untuk mencegah dan menangani korban kekerasan seksual, khususnya melalui pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas kekerasan. Pasalnya, semenjak diluncurkan Roadmap Teknologi Keselamatan, Grab melihat terjadi penurunan insiden kekerasan seksual sebesar 39% di Indonesia.

“Kami bangga dapat menjalin kerja sama dengan Forum Pengada Layanan (FPL) yang menaungi lembaga pengada layanan bagi korban kekerasan di 32 provinsi, kami berharap dengan kerja sama yang telah terjalin ini keamanan dan keselamatan dalam berkendara dapat terus meningkat, sehingga tercapainya angka kecelakaan ‘nol insiden’,” kata Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi di Yogyakarta, Jumat (24/1/2020). Dalam kolaborasi tersebut, Grab bersama FPL juga memberikan edukasi perlindungan penumpang dan mitra pengemudi Grab. Selain edukasi, sebagai bagian dari kerja sama Grab dan FPL telah dilakukan kampanye donasi untuk FPL di platform GrabRewards yang dilakukan sejak bulan Desember 2019 sampai dengan 10 Januari 2020 lalu.

Donasi yang terkumpul sebesar Rp 109.965.000 dari 2.860 pengguna aplikasi dan dana khusus dari Grab akan FPL gunakan untuk program pemberdayaan ekonomi perempuan penyintas di 4 (tiga) area yaitu wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan, serta Indonesia Timur. Peserta program terbaik dari masing masing wilayah akan mendapatkan bantuan modal agar bisa memulai usaha dan menjadi mandiri secara finansial. Koordinator Sekretariat Nasional Forum Pengada Layanan (FPL), Veni Siregar mengatakan, FPL dan Grab memiliki satu tujuan yang sama, yaitu menjadi wadah yang dapat mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan ketika berkendara, baik untuk perempuan maupun laki laki.

“Kami sangat senang, bisa terlibat dalam Safety Roadshow Yogyakarta dan kota kota lainnya. Harapannya, kegiatan ini dapat memberi wawasan baru dan bersama sama dengan mitra pengemudi, penumpang, dan semua pihak yang terkait, mari kita cegah kekerasan dalam perjalanan dan menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman,” tambah Veni. Bukan hanya itu saja, dalam Safety Roadshow Yogyakarta, Grab juga memperkenalkan fitur baru, yaitu “Pusat Keselamatan” dan “Pemantau Perjalanan bagi Penumpang & Mitra Pengemudi” di aplikasi Grab. Namun, untuk memanfaatkan fitur “Pemantau Perjalanan bagi Penumpang & Mitra Pengemudi” para pengguna harus bersabar. Sebab, fitur tersebut baru akan dirilis oleh Grab sekitar awal 2020.

Berita Terkait

iPhone 11 Pro Max dari dari Rp 19 Jutaan Harga & Spesifikasi iPhone Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Bisa Rapat & Belajar Online buat Cegah Penyebaran Corona Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Maya Rosfi'ah

Game Karya Anak Bangsa Masuk Nominasi di Taipei Game Show 2020

Maya Rosfi'ah

7 Juta M10 Hanya Rp 1 Daftar Lengkap Harga HP Samsung Galaxy Terbaru November 2019

Maya Rosfi'ah

Kronologi Terungkapnya Iklan Penipuan IKEA di Instagram Stories

Maya Rosfi'ah

Panduan Melihat Gerhana Matahari Cincin yang Aman & Prakiraan Cuaca BMKG Saat Gerhana Terjadi

Maya Rosfi'ah

Fitur Low Light di Huawei P30 Series, Foto Sensitivitasnya Melampaui Mata Manusia

Maya Rosfi'ah

Influencer Bisa Dapat Tarif Ratusan Juta Modal Feed Instagram

Maya Rosfi'ah

Menristekdikti Minta BAPETEN Sosialisasikan Produk yang Pancarkan Radiasi

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment