Image default
Travel

Bulan September, Dua Jalur Pendakian Gunung Sindoro Ditutup Sementara

Buat kamu yang berencana akan mendaki Gunung Sindoro pada bulan September ini, sepertinya kamu harus mengatur ulang jadwal pendakianmu. Atau setidaknya kamu perlu mengetahui jalur pendakian Gunung Sindoro mana yang buka untuk para pendaki. Pasalnya, pada bulan September ini, dua jalur pendakian Gunung Sindoro akan ditutup sementara dengan waktu yang berbeda beda.

Jalur pendakian pertama Gunung Sindoro yang akan ditutup sementara adalah pendakian via Bansari, Kec Bansari, Temanggung. Berdasarkan surat pemberitahuan nomor 01/KPS/IX/2019 ini, penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari berlangsung mulai 9 hingga 30 September 2019 mendatang. Penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari ini dikarenakan kemarau yang berkepanjangan.

Sehingga pihak Komunitas Peduli Alam Sindoro (KOMPAS) Bansari melakukan penutupan jalur pendakian untuk mengantisipasi adanya kebakaran hutan dan lahan. Selain jalur pendakian via Bansari, jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung juga akan ditutup sementara dengan alasan yang sama. Berdasarkan surat pemberitahuan Nomor 05/SE/PNT/IX/2019 ini penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung berlangsung mulai 22 September 2019.

Penutupan ini berlangsung hingga dalam batas waktu yang ditentukan, sampai ada pemberitahuan selanjutnya lagi. Sama seperti penutupan jalur pendakian Gunung Sindoro via Bansari, penutupan jalur pendakian via Kledung juga dikarenakan kemarau yang berkepanjangan. Selain itu, penutupan ini bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan Gunung Sindoro.

Saat ini Gunung Sindoro memiliki empat jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki untuk mencapai puncak yaitu jalur pendakian via Kledung, Sikatok, Bansari, dan Alang Alang Sewu. Buat kamu yang hendak mendaki Gunung Sindoro, kamu bisa memilih jalur lain atau alternatif gunung lain di Jawa Tengah yang bisa didaki. Pada akhir September nanti jalur pendakian Gunung Semeru akan ditutup sementara.

Pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengumumkan akan menutup seluruh jalur pendakian Gunung Semeru untuk sementara. Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru ini berdasarkan surat edaran Taman Nasional Bromo Tengger Semeru nomor PG.03/BIDTEK/BODTEL.1/KSA/7/2019. Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru terhitung mulai tanggal 26 hingga 29 September 2019 mendatang.

Sehingga buat kamu yang berencana untuk mendaki Gunung Semeru pada tanggal tersebut, sebaiknya merubah jadwal pendakianmu. Penutupan jalur pendakian Gunung Semeru ini dilakukan dalam rangka untuk memperingati Hari Raya Karo Tahun Saka 1941. Perayaan Hari Raya Karo ini dilakukan setiap tahunnya oleh masyarakat Suku Tengger yang tinggal di sekitar lereng Gunung Bromo.

Hari Raya Karo sendiri adalah satu hari sakral yang dirayakan oleh segenap masyarakat Tengger sebagai wujud syukur pada proses penciptaan manusia. Para perayaan Hari Raya Karo ini nantinya terdapat arak arakan dan juga membawa sejumlah pusaka Suku Tengger atau yang biasa disebut dengan Jimat Klontong yang berusia ratusan tahun. Bila kamu sudah menetapkan jadwal perjalanan pada tanggal 26 29 September untuk mendaki Gunung Semeru, sebaiknya kamu memilih alternatif gunung lain untuk disambangi.

Berita Terkait

Wajib Coba 3 Es Krim Unik di Kota Kembang Liburan Tahun Baru 2020 di Bandung

Maya Rosfi'ah

Lebih Beracun dari Kobra tapi Tak hendak Gigit Manusia Ular Suci di Tanah Lot Bali

Maya Rosfi'ah

Ada Tikus hingga Kera Panggang 7 Kuliner Ekstrem di Pasar Tomohon Manado

Maya Rosfi'ah

8 Kuliner Enak untuk Sarapan di Kota Batu, Malang

Maya Rosfi'ah

Cek Kuota Bagasi Panduan Traveler yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat

Maya Rosfi'ah

Warganet Dibuat Heboh, Avril Lavigne Pakai Kerudung Saat Liburan ke Abu Dhabi

Maya Rosfi'ah

Cara Pintar Packing Saat Ingin Traveling. Mudah Dipraktekan Lho!

Maya Rosfi'ah

5 Kuliner Khas Betawi Ini dari Langka Pernah Coba

Maya Rosfi'ah

Promo CGV ‘Pantang Nonton Sendiri’ Beli 2 Bayar 1 Di Banyak Platform, Begini Caranya

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment