Image default
Pendidikan

Biaya SPP SMA/SMK Negeri Provinsi Jawa Barat akan Digratiskan Ridwan Kamil Bagikan Berita Gembira

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengumumkan bahwa mulai tahun ajaran 2020 nanti, para pelajar SMA dan SMK Negeri di Provinsi Jawa Barat tak perlu membayar SPP. Hal itu ia umumkan melalui Instagramnya, pada Kamis pagi (28/11/2019). "BERITA GEMBIRA.

BIAYA SPP untuk SMA/SMK negeri sesuai kewenangan Provinsi mulai tahun ajaran 2020 akan digratiskan. SPP ini sekarang istilahnya Iuran Bulanan Peserta Didik (IBPB). . Siswa dari keluarga yang tidak mampu,

Yang tidak lolos PPDB, yang kemudian masuk sekolah swasta, Juga akan diberi bantuan keuangan sesuai dengan kemampuan. Demikian juga siswa yang bersekolah di MA, bantuan akan disalurkan melalui Kemenag.

Pemerintah Provinsi dan DPRD Jawa Barat kemarin sudah mengetuk palu persetujuan terkait RAPBD 2020 Dan melakukan banyak penghematan antara lain penghematan belanja bansos/hibah Juga penghematan perjalanan dinas PNS.

Selanjutnya RAPBD ini akan dievaluasi Kemendagri. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberi semangat cihui beibeh selalu. . Hatur Nuhun," begitu bunyi keterangan yang dipostingan di akun Instagram @ridwankamil.

Postingan tersebut sontak mendapat respons positif dari netizen terutama masyarakat provinsi Jawa Barat. Diberitakan dengan judul "Hari Guru, Ridwan Kamil Kunjungi Guru SD nya lalu Berangkatkan Umrah," Gubernur Jawa BaratRidwanKamilmengunjungi gurunya semasa SD, di rumahnya di Jalan Srimahi 3, Kelurahan Ancol, Kecamatan Regol, Kota Bandung, bertepatan denganHariGuru, Senin (25/11/2019). Gubernur yang akrab disapa Emil ini menceritakan bagaimana malam sebelumnya ia teringat dan rindu untuk bertemu sosok Bu Nunung yang mengajarinya di kelas 4, 5, dan 6 SD ini.

"Bu Nunung ini guru saya ketika sekolah diSDBanjarsari3 Bandung. Guru saya banyak tapi entah kenapa yang terlintas di kepala hanya Bu Nunung, makanya tadi malam saya bilang ke ajudan carikan mantan guru saya namanya Bu Nunung, alhamdulillah ketemu," ujar Emil, Senin (25/11/19). Emil mengatakan Bu Nunung punya jasa besar dalam hidupnya, termasuk menjadi salah satu faktor kesuksesan dalam karier Emil hingga menjadi seorang pemimpin bagi provinsi dengan jumlah penduduk terbesar se Indonesia ini. "Hari ini kanHariGuru, kalau kita refleksi siapa kita hari ini itu karena peran guru yang luar biasa, jadi leadership saya hari ini sebagai gubernur itu sekian persennya karena motivasi dari Bu Nunung," kata Emil.

Sambil mengenang masa SD ketika menjadi murid Bu Nunung di awal tahun 80 an, Emil pun bercerita pernah memecahkan kaca ruang guru hingga dihukum membersihkan ruangan kelas selama tujuh hari. Saat itu, Emil memang dikenal anak yang hiperaktif, nakal dan susah diatur. "Saya dulu anaknya agak nakal, hiperaktif, susah diatur, sempat memecahkan kaca ruang guru lalu saya dihukum tujuh hari untuk bersih bersih," ucapnya. Namun, lanjut Emil, Bu Nunung saat itu melihat ada potensi dalam dirinya yang bisa dikembangkan dan diarahkan ke dalam aktivitas keorganisasian seperti Paskibra atau Pramuka.

"Bu Nunung ini mengarahkan saya supaya hiperaktif ini disalurkan ke aktivitas keorganisasian seperti Paskibra, Pramuka, tarian massal," tutur Emil. Sebagai bentuk terima kasih Emil atas peran dan jasa sang guru tercinta, Emil pun akan memberangkatkan umrah Bu Nunung dan suami. "Beliau ingin saya umrahkan bersama suaminya, mudah mudahan saling mendoakan. Dan ternyata beliau suka mendoakan saya karena sering melihat di televisi lalu teringat batinnya," ujar Emil.

Ibu bernama lengkapNunungNurhasanah(62) ini adalah pensiunan guru. Dan di antara ribuan muridnya yang pernah diajarnya selama bertugas, ada sosok Emil yang selalu dia ingat. "Harapan buat Cep Emil, saya doakan supaya lebih maju lagi, sehat jasmani dan rohaninya, terima kasih sudah ingat saya dan mau datang ke rumah yang sederhana ini," ucap Nunung.

Berita Terkait

Laznaz Baitulmaal Muamalat Kenalkan Program Beasiswa Sarjana

Maya Rosfi'ah

Dapat Nilai UN Sempurna, Ananda Hafidh Rifai Siswa SMA N 4 Solo: Ya Allah, Nggak Nyangka

Maya Rosfi'ah

Ayu Ting Ting Antar Bilqis di Hari Pertama Masuk Sekolah, Doanya Untuk Si Buah Hati Dibanjiri ‘Amin’

Maya Rosfi'ah

Maruarar Sirait Ingatkan Penerima Beasiswa China untuk Setia pada Pancasila

Maya Rosfi'ah

Tingkatkan Mutu Mahasiswa Kedokteran Gigi, Kavo Kerr dan Universitas Moestopo Teken Kerjasama

Maya Rosfi'ah

Sekolah Citra Kasih Don Bosco Kenalkan Jiwa Entrepreneurship menuju Siswa Sejak Dini

Maya Rosfi'ah

Jangan Tunggu Aba-Aba Jangan Tunggu Perintah! Pesan Nadiem di Hari Guru Nasional

Maya Rosfi'ah

Kronologi Viral ‘Ngesot’ Naik tangga hingga Minum Air Muntahan Ospek Mahasiswa Baru

Maya Rosfi'ah

Simak Jadwal Pendaftaran Jalur Mandiri 10 PTN Paling Diminati, Cek Link di Sini!

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment