Image default
Metropolitan

Anies Baswedan Tunda Rencana Pembebasan PBB P2 Bagi Warga Yang Bangun Sumur Resapan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menunda rencana pembebasan biaya Pajak Bumi dan Bangunan Perkotaan Pedesaan (PBB P2) bagi pemilik tempat tinggal yang bangun drainase vertikal atau sumur resapan. Anies Baswedan menjelaskan, ada data mengenai perubahan wilayah untuk menjadidasarpengubahantarifPBBbelumselesaidisusun. "Belum dirumuskan secara detail karena tidak tahun ini. Karena data pajak kita itu belum rapi sesudah fiscal cadaster baru kita buatkan yang rapi. Agar nanti ketika kita membuat aturan di lapangan tidak muncul selisih selisih antara aturan dan pelaksanaannya," ungkap Anies kepada wartawan di Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat pada Selasa (7/5/2019).

Walau begitu, dirinya berharap penundaan intensif tersebut tidak menyurutkan niat masyarakat untuk membangun sumur resapan. Pasalnya, sumur resapan tersebut diyakini mampu mengurangi genangan ketika hujan lokal serta dapat menjaga ketersediaan pasokan air tanah. Anies pun mengaku pihaknya kini tengah mendorong program sumur resapan, bukan hanya pemerintah, tetapi lewat partisipasi publik, baik individu maupun komunitas.

"Jika dia punya rumah atau tanah cukup luas, 1500 meter persegi misalnya, dia harus bangun sendiri. Tapi kalau warga dengan dominasi luas tanah 50 meter persegi, 60 meter persegi, itu sumur resapannya dilakukan secara komunitas," jelas Anies. Bersamaan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menargetkan pembuatan ribuan sumur resapan di seluruh lahan milik pemerintah. Pembangunan yang dimulai sejak Bulan Januari 2019 lalu hingga Maret 2019, pihaknya mencatat ada sebanyak 3.770 buah sumur resapan yang tersebar di Ibu Kota.

"Kemudian kalau di lapangan yang besar itu oleh negara jadi tiga komponen oleh pemerintah komunitas dan oleh rumah tangga," jelasnya.

Berita Terkait

Tanggapan PT KCI Soal Viralnya Penumpang yang Didorong Petugas agar Bisa Masuk menuju KRL

Maya Rosfi'ah

Begini Suasananya Melihat Penyemprotan Disinfektan di Jalan-jalan Jakarta Pusat

Maya Rosfi'ah

Wali Kota Depok Benarkan 2 Warganya Positif Virus Corona

Maya Rosfi'ah

Bocah 5 Tahun di Bekasi Meninggal Dunia Diduga Terkunci di Dalam Mobil

Maya Rosfi'ah

Kendaraan Pribadi Terpaksa Melintas di Jalur Busway Aksi Demo di Thamrin Tower

Maya Rosfi'ah

Saat Erwin & Vino Menenangkan Jalan Ahmad Dahlan dengan Musik

Maya Rosfi'ah

Kawasan Daan Mogot Macet Parah Terdampak Jalan Amblas di Kota Tangerang

Maya Rosfi'ah

Dari Asupan Gizi Hingga Kondisi Ekonomi Keluarga Pacific Place Edukasi Pencegahan Anak Stunting

Maya Rosfi'ah

Untung Ada Emergency Button Hampir Jadi Korban Jahat Sopirnya VIRAL Wanita Naik GrabCar Sendirian

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment