Image default
Otomotif

Anak Buah Presiden Jokowi Ini Koleksi Mobil dari Jaguar sampai Land Cruiser

Di era kepemimpinan PresidenJoko Widodoperiode kedua ini namaAirlangga Hartartokembali terpilih dalam daftar jajaran menteri pilihan presiden. Airlangga kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Sebelumnya, pria yang berumur 57 tahun ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada masa kepemimpinanJokowiperiode pertama.

Nama Airlangga sendiri tak asing di dunia otomotif Tanah Air. Apalagi namanya kerap disebut terkait perkembangan mobil ramah lingkungan di Indonesia. Di bawah naungan Airlangga, para pabrikan otomotif diminta untukmengembangkan kendaraan ramah lingkungan didorong dengan adanya insentif.

Menurut data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang didaftarkan pada 31 Desember 2018 dan disampaikan pada 4 April 2019 mencatat koleksi alat transportasi Airlangga mencapai Rp 3,85 miliar. Ada sederet mobil berkelas yang dimiliki Ketua Umum Partai Golongan Karya ini. Berikut daftarnya sob! Dalam catatan LHKPN, Airlangga Hartarto terdaftar memiliki dua buah unit Toyota Kijang Innova.

Yang pertama tahun 2015 dan yang kedua tahun 2016 di mana keduanya tercatat sebagai hasil sendiri. Tidak tercantum secara spesifik tipe dariKijang Innova yang dimiliki Airlangga. Namun LHKPN memberi taksiran untuk Kijang Innova 2015 milik Airlangga dengan Rp 230 juta dan Rp 250 juta untuk tahun 2016.

Tak hanya Kijang Innova, Airlangga juga memiliki High MPV dengan pintu geser dari Toyota yakni Vellfire. Vellfire Airlangga besutan tahun 2017 di mana terbilang masih muda. Mobil ini menggunakan mesin 2 AR FE 4 silinder segaris 2.500 cc dengan 16 valve DOHC.

Toyota Vellfire Airlangga ditaksir oleh LHKPN dengan nilai Rp 1,019 miliar. Lagi lagi Toyota menjadi merek yang dipilih Airlangga sebagai alat transportasi yang ia boyong. Kini giliran Toyota Land Cruiser 200 tahun 2014 yang berada di kelas SUV jadi pilihannya.

Land Cruiser atau yang biasa dipanggil LC memang tak dirakit di dalam negeri aliascompletely build up(CBU). Di impor ke dalam negeri, mobil ini mengusung mesin dengan power dan torsi lebih besar dibanding Toyota Fortuner. Tak hanya mesin, dimensi dari LC 200 pun lebih besar dibanding Fortuner.

Bisa dikatakan kelas dari Toyota Land Cruiser tak beda jauh dengan Lexus LX 570 karena menggunakan platform yang sama. Dalam catatan LHKPN tak dicantumkan spesifikasi model dari LC milik Airlangga. Namun Land Cruiser 200 ini ditaksir dengan nilai Rp 1,9 miliar.

Sekarang koleksi Airlangga datang dari merek yang berbeda yakniJaguar. Lagi lagi dalam catatan LKHPN tak disebutkan model dan tipe dari kendaraan yang didatanya. Namun yang pastiJaguarmilik Airlangga merupakan tahun 2012 yang ditaksir dengan harga Rp 460 juta.

Berita Terkait

Ini Kata Menristek Grab Gunakan Motor Listrik Gesits buat Grab Electric

Maya Rosfi'ah

Teknologi Body Paint Kilat Auto2000 Balikpapan Diakui di Kawasan Asia Pasifik

Maya Rosfi'ah

Builder Italia-Jepang Berbagi Pengalaman Bangun Motor Custom di Suryanation Motorland 2019 Show Off

Maya Rosfi'ah

Silakan Geser menuju BMW Astra Cilandak hendak Mobil Klasik Bisa Lolos Uji Emisi

Maya Rosfi'ah

Kawal Pelanggan yang Mudik, Suzuki Siapkan Armada Mobil Towing

Maya Rosfi'ah

Fitur Pengecasan Ponsel di Skutik All New BeAT 2020 Cocok buat Kebutuhan Ojek Online

Maya Rosfi'ah

Penjualan Ritel Toyota di Oktober Tembus 28.000 Unit Didominsi Avanza

Maya Rosfi'ah

Ada Derek Gratis Sampai 15 Januari 2020 Mobil Suzuki-mu Mogok karena Banjir

Maya Rosfi'ah

20 Persen Lebih Awet Michelin Kenalkan Ban Radial Terbaru buat Truk & Bus

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment