Image default
Kesehatan

6 Cara Menghilangkan Stres saat Kamu Merasa Berada di Titik Terendah dalam Hidup

Berurusan dengan stres dapat membuatmu lelah menjalani hidup. Tak bisa tidur, panik hingga mudah menangis menjadi kegiatan yang sering dilakukan saat stres melanda. Penyebab stres pun macam macam.

Mulai dari kesibukan dan tekanan pekerjaan, mengurus rumah tangga, memikirkan keluarga hingga menjaga agar hubunganmu dengan pasangan tetap harmonis. Jadi apa yang harus dilakukan saat stres melanda? Pertama tama, tarik napas yang panjang dan dalam.

Kemudian cobalah berdamai dengan kenyataan bahwa manusia biasa tak mungkin melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan. Selain itu, berhentilah untuk menuntut diri sendiri. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menghilangkan stres adalah meluapkan semua perasaan.

Kamu bisa menggunakan metode kartu indeks. Ambilah pena dan atur timer selama lima menit. Kemudian tuliskan setiap apa yang kamu pikirkan dan rasakan.

Saat timer mati, ambil napas dan minum segelas air. Langkah selanjutnya adalah perhatikan dengan baik apa yang mengganggu pikiranmu. Seperti mempush diri sendiri terlalu keras hingga memikirkan hal hal apa saja yang tidak ingin kamu lakukan.

Jujur dan realistis pada diri sendiri akan membuatmu lebih tenang. Setelah tahu hal apa saja yang mengganggu pikiranmu, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melupakan semua hal tersebut. Lupakanlah semua hal yang tak ingin kamu lakukan dan tak perlu takut kamu akan menyakiti orang lain karena hal itu.

Kewarasan dan kesehatan mentalmu jauh lebih berarti dari itu semua! Ketika mimpi dan impianmu hanya membuatmu stres berkepanjangan. Tak ada salahnya untuk istirahat dan menunda mimpimu tersebut untuk sementara.

Ketika kamu siap, kamu bisa mulai mengejar mimpimu kembali. Menunda tidaklah sama dengan menunda menunda. Menunda membuatmu bisa mengelola waktu dengan lebih baik dan memunculkan harapan yang lebih baik bagi diri sendiri.

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan stres adalah membiarkan orang lain membantumu. Ketika kamu merasa kewalahan, tak ada salahnya meminta bantuan pada orang terdekat seperti pasangan ataupun keluarga. Kamu bisa menyewa terapis yang dapat membantumu menemukan cara untuk lepas dari tekanan.

Mereka dapat membantu membimbingmu menemukan ide atau solusi untuk mengelola hidupmu lebih baik. Namun, hal tersulit meminta bantuan adalah mengakui bahwa kamu membutuhkan hal tersebut. Untuk itu, kamu perlu jujur bahwa kamu sesungguhnya memang butuh bantuan.

Terakhir yang harus kamu lakukan adalah membuat rencana dan mengatur jadwal. Kamu perlu membuat jadwal hari kesehatan mental setiap bulannya. Kamu bisa mengisi hari tersebut dengan melakukan hal hal menyenangkan seperti nonton bioskop atau makan bersama pasangan.

Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan me time. Ingatlah, setiap orang layak menjalani kehidupan yang penuh cinta dan kegembiraan termasuk kamu!

Berita Terkait

Fokus Yayasan Kanker Indonesia Mengurangi Penderita Kanker Di Indonesia

Maya Rosfi'ah

Sering Dipilih untuk Mengatasi Rasa Lembab di Miss V, Kapan Waktu Tepat Pakai Pantyliner?

Maya Rosfi'ah

Ternyata Madu dan Lidah Buaya Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Bekas Luka Bakar! Begini Caranya

Maya Rosfi'ah

Salamfina Sunan Ingin Punya Anak dengan Cari Donor Sperma, Samakah Prosesnya dengan Bayi Tabung?

Maya Rosfi'ah

Tidak Pernah Sakit Serius, Bocah 15 Tahun Divonis Leukemia

Maya Rosfi'ah

Turunkan Risiko Kanker Serviks Lewat Gaya Hidup Sehat

Maya Rosfi'ah

Sering Diabaikan, Inilah Efek Stres bagi Tubuh Kita

Maya Rosfi'ah

Aura Kasih Disebut ‘Pabrik Susu’ Asosiasi Ibu Menyusui Bereaksi, Gak Pantas Dibuat Candaan

Maya Rosfi'ah

Bukan Hanya Penyakit Fisik, Penyakit Kejiwaan Juga Kerap dialami Jemaah Haji

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment