Image default
Travel

5 Fakta Unik Makanan di Pesawat yang Tak Diketahu Penumpang

Masing masing maskapai penerbangan biasanya punya menu makanan sebagai fasilitas khusus untuk pelanggannya. Meskipun terlihat lezat, namun makanan di pesawat biasanya memiliki rasa yang tidak terlalu gurih. Bahkan tidak sedikit penumpang pesawat yangmenganggap makanan di pesawat dimasak dengan sedikit bumbu.

Padahal pada kenyataannya tidak seperti itu. Selama penerbangan, indera perasa manusia menjadi tumpul, sehingga makanan apapun terasa sedikit hambar. Biasanya makanan di pesawat akan dibuat dengan menyesuaikan indera perasa.

Sehingga rasanya akan sangat berbeda jika dimakan di darat. Tentu saja tidak ada makanan yang dimasak di pesawat. Seluruh makanan yang disajikan pramugari disiapkan di dapur bandara sebelum pesawat berangkat.

Karena makanan dimasak di darat, maka pramugari membutuhkan waktu beberapa saat sebelum menyajikannya. Sebelum disajikan, makanan harus dipanaskan terlebih dahulu. Bagaimana dengan makanan yang harus disajikan dalam keadaan dingin?

Makanan seperti salad, buah, cheesecake, atau sandwich, biasanya didinginkan menggunakan es kering atau dry ice. Dengan cara ini, makanan tersebut akan tetap tersaji dalam kondisi dingin dan segar. Mengapa pramugari menyajikan minuman dan kudapan terlebih dahulu?

Pramugari membutuhkan waktu 20 25 menit untuk memanaskan makanan. Sehingga biasanya mereka menyajikan minuman dan snack terlebih dahulu, sebelum menyajikan makanan utama. Kebanyakan orang berpikiran pramugari tentu akan lebih memilih bekerja melayani orang orang 'mewah' dalam pesawat kelas bisnis atau kelas utama.

Dibandingkan melayani ratusan penumpang pesawat di kelas ekonomi yang sering merasa kebingungan saat naik pesawat. Namun ternyata hal itu tidak ada di pikiran mayoritas pramugari. Dikutip dari New York Post, banyak perusahaan penerbangan memiliki sistem promosi, di mana pramugari pertama kali akan memulai bekerja dalam kelas ekonomi.

Namun beberapa perusahaan mempersilakan pramugari memilih di mana mereka akan bekerja untuk penerbangan tersebut. Berdasarkan pendapat sejumlah pramugari, bekerja dalam kabin mewah membuat mereka bekerja lebih keras. Heather Wilde, seorang mantan pramugari, mengatakan pekerjaannya jauh lebih mudah saat bekerja di kelas ekonomi.

"Ketika terbang dalam pesawat kelas ekonomi, semuanya akan terasa lebih mudah. Pramugari senior akan menangani dokumen, sedangkan yang lain akan menangani makanan dan minuman," jelas Wilde dalam situs Quora. Sementara dalam kelas bisnis dan kelas utama, lanjut Wilde, tidak akan ada waktu untuk beristirahat. Nuralia Mazlan, yang juga seorang pramugari menambahkan, melayani 100 orang di kelas ekonomi lebih baik daripada 16 orang di kelas bisnis.

Berita Terkait

Melihat Koleksi di Museum Kayu Tuah Himba, Tempat Wisata di Kutai Kartanegara

Maya Rosfi'ah

Rayakan Bulan Penuh Cinta bersama Holiday Inn Express Jakarta Wahid Hasyim

Maya Rosfi'ah

3 Tempat Wisata Di Sumatera Barat Yang Dikunjungi Raffi Ahmad Dan Nagita Slavina

Maya Rosfi'ah

Cuma Satu Hari! Richeese Factory Tawarkan Combo Fire Chicken Cuma Rp 22 Ribuan, Cek Syaratnya

Maya Rosfi'ah

Selain Waroeng Klangenan yang Dikunjungi Jokowi, Ini 6 Angkringan Modern di Jogja

Maya Rosfi'ah

Ini Pilihan Tempat Wisata yang Bisa Traveler Kunjungi Liburan menuju Bangka

Maya Rosfi'ah

Rekomendasi 6 Kuliner Enak di Sekitar Kampus Unpad Dipatiukur, Bandung

Maya Rosfi'ah

Bisa Dicoba Saat Liburan 7 Tempat Sarapan di Pekalongan

Maya Rosfi'ah

8 Spot Terbaik di Jakarta buat Melihat Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru 2020

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment