Image default
Internasional

5 Fakta Kebakaran Gedung Kyoto Animation Jepang, 33 Orang Tewas, Sengaja Dibakar, Pelaku: Mati Kau!

Peristiwa kebakaran melanda sebuah studio anime di Kyoto, Jepang, Kyoto Animation atau KyoAni, Kamis (18/7/2019). Menurut berita, studio anime KyoAni tersebut sengaja dibakar oleh seorang pria berusia sekitar 41 tahun yang akhirnya ditangkap meski mengalami luka bakar serius. Setidaknya 33 orang tewas dalam kebakaran hebat di studio anime KyoAni, Jepang ini.

Sementara 36 orang lainnya mengalami luka luka dari insiden pembakaran studio anime KyoAni. Menurut pemadam kebakaran Jepang, setidaknya 33 korban tewas. Ada sekitar 10 orang ditemukan tidak sadarkan diri dan diduga meninggal dunia di lantai dua.

Menurut laporan, 70 karyawan bekerja di gedung tersebut saat kebakaran terjadi. Petugas pemadam yang menerima laporan menyebut karyawan telah mendengar ledakan keras dari lantai pertama KyoAni pada pukul 10.35 pagi waktu setempat. Setelah ledakan kerasdari lantai pertama, terlihat kepulan asap dan banyak karyawan lantai satu yang berlarian.

Namun, kondisi saat itu, seluruh gedung lantai bawah sudah tertutupi asap dan api. Bahkan, terlihat korban yang juga karyawan berusaha menyelamatakan diri dengan keluar gedung dalam keadaan bersimbah darah. Menurut saksi, seorang pria berusia 41 sengaja menyiramkan cairan yang menyebabkan kobaran api.

Dilaporkan NHK, tersangka menuangkan cairan mirip bensin di sekitar gedung sambil terus mengatakan, 'Mati kamu!'. Sementara itu, tersangka sendiri mengalami luka serius dan dilarikan ke rumah sakit. Belum diketahui motif pembakaran gedung KyoAni Jepang.

CEO KyoAni, Hideaki Hatta mengatakan pada media, perusahaannya pernah menerima ancaman kematian dari pengirim anonim melalui email. Pihaknya menyayangkan adanya kekerasan yang memakan banyak korban jiwa ini. "Mengapa kekerasan seperti itu harus digunakan?," ujar Hatta.

Seiring dengan terjadinya kebakaran di gedung KyoAni, #PrayDorKyoani menjaid trending di Indonesia dan dunia. Banyak netizen di Twitter yang juga menyampaikan belasungkawa atas terjadinya kebakaran yang memakan korban ini. Sentai Filmworks, sebuah perusahaan yang melisensikan dan melokalkan karya anime seperti Kyoto Animation, mengumpulkan dana untuk kebakaran ini.

Kyoto Animation Co sendiri didirikan pada 1981 oleh Yoko Hatta, seorang produser anime. Suaminya, Hideaki, menjabat sebagai presiden perusahaan. KyoAni telah memproduksi serial anime populer dan film layar lebar yang terkenal di kalangan penggemar anime di seluruh dunia karena dedikasinya terhadap teknik produksi berkualitas tinggi.

Katalognya termasuk A Silent Voice: The Movie, K On!, The Melancholy of Haruhi Suzumiya, dan Lucky Star. Kantor pusat perusahaannya berada di kota Uji.

Berita Terkait

Pemeran John Wick Keanu Reeves Perkenalkan Pacar menuju Publik setelah Berpuluh-puluh Tahun Sendiri

Maya Rosfi'ah

Suami Pukul Dan Gunduli Istrinya Hanya Karena Sang Istri Menolak Menari Di Depan Teman Temannya

Maya Rosfi'ah

Kapal Ikan Asal Indonesia Dibakar Angkatan Perbatasan Laut Australia Tangkap Hiu di Darwin

Maya Rosfi'ah

Kelompok Teroris Tembakkan Mortir di Aleppo Suriah, 12 Orang Tewas

Maya Rosfi'ah

Fakta Mundurnya Perdana Menteri Inggris Theresa May, Penyebab hingga Reaksi Warga Inggris

Maya Rosfi'ah

Taifun Faxai di Kanto Jepang, Seorang Tewas, Puluhan Lainnya Terluka

Maya Rosfi'ah

DJ Asal Australia Tewas di Resort Mewah Bali Usai Tabrak Pintu Kaca Demi Selamatkan Temannya

Maya Rosfi'ah

Kisah Keluarga yang Ingin Makan Ayam Goreng Saat Ramadhan Usai 12 Tahun Tinggal di Rumah Tak Layak

Maya Rosfi'ah

Rambutnya Dipotong Warga Seret Wali Kota Bolivia di Jalanan Lalu Disiram Cat Merah Kecewa

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment