Image default
Otomotif

20 Persen Lebih Awet Michelin Kenalkan Ban Radial Terbaru buat Truk & Bus

– PT Michelin Indonesia meluncurkan seri ban radial terbaru Michelin X Multi Z2 untuk truk dan bus di Indonesia. Ban radial ini dilengkapi dengan teknologi revolusioner terbaru yang memberikan tingkat keamanan dan kenyamanan tertinggi untuk pengemudian bus dan truk medium dan heavy duty di Indonesia. Direktur Komersial B2B PT Michelin Indonesia Fritz Mueller di acara peluncuran ban ini di Swissotel Pantai Indah Kapuk, Jakarta, Senin, 2 Maret 2020 mengatakan, Michelin X Multi Z2 merupakan penyempurnaan dari seri ban Michelin X Multi Z sebelumnya untuk segmen truk dan bus yang kini sudah tidak diproduksi lagi.

Fritz Mueller menjelaskan, ban Michelin X Multi Z2 mengusung tiga teknologi ban yang revolusioner hasil riset dan pengembangan oleh internal Michelin di Eropa. Tiga teknologi tersebut adalah Regenion, Inficoil dan HT Nylon. Regenion merupakan desain alur tapak yang dirancang sedemikian rupa untuk meminimalisir deformasi ban dan mengurangi tekanan pada ban saat melaju di permukaan jalan. Teknologi ini diklaim mampu meminimalisir hambatan gulir atau rolling resistance pada ban sekaligus menurunkan konsumsi bahan bakar.

"Regenion dihasilkan dari teknik pencetakan logam tiga dimensi (3D)," ujar Fritz Mueller. Alur longitudinal padaban secara otomatis memperbarui diri saat permukaan ban mulai aus dan menghasilkan tingkat cengkeraman dan daya tarik (traction) yang kuat selama masa pakai ban dan pada pemakaian di segala cuaca. Pada saat yang sama, teknologi ini mampu menurunkan tingkat keausan ban, sehingga ban lebih dari 20 awet persen jika dibandingkan seri ban Michelin sebelumnya, X Multi Z.

Teknologi kedua yang diaplikasiman di ban ini adalah Inficoil. Lapisan tapak diperkuat dengan kawat baja yang saling bersambungsepanjang 400 meter, tergantung jenis ban, di dalam lapisan casing. Penggunaan kawat baja yang memiliki daya tahan tinggi terhadap tarikan ini mampu meningkatkan ketahanan ban dan mengoptimalkan kontak ban dengan permukaan jalan sehingga jarak tempuh semakin panjang. Ban menjadi lebih awet dan stabil sekaligus meminimalisir risiko kehilangan tekanan secara mendadak. Ban Juga memiliki kontrol lebih baik pada kendaraan.

Jika ban tiba tiba tertusuk atau bocor, kendaraan masih melaju jauh, lebih jauh jika dibandingkan produk kompetitor sampai pengemudikan menemukan lokasi aman untuk penggantian ban. Dari hasil riset internal Michelin menggunakan banMichelin X Multi Z2 yang dipasangkan pada bagian roda kanan depan truk Mercedes Benz Actros dan menarik semi trailer, saat ban sudah tidak ada angin lagi, truk masih bisa dikemudikan melaju hingga jarak sejauh 17 kilometer. Teknologi Inficoiljuga diklaim bisa membuat tingkat keausan permukaan ban menjadi lebih merata.

Teknologi ketiga yang diterapkan pada ban Michelin X Multi Z2 adalah HT Nylon. Teknologi ini dirancang untuk memperkuat ketahanan bead pada lingkar dalam ban sehingga mengurangi potensi kerusakan ban hingga 10 persen ketika truk atau bus yang menggunakan ban ini sering dioperasikan di rute jarak jauh dan dalam kecepatan tinggi. Teknologi HT Nylon di ban ini membuat kemampuan vulkasinisir ban Michelin X Multi Z2 menjadi lebih baik.

Di Indonesia, ban Michelin X Multi Z2 ditawarkan dengan ukuran 11R22.5 dan dipasarkan melalui jaringan toko ban Michelindi seluruh Indonesia mulai Januari 2020.

Berita Terkait

Ertiga Tercatat Paling Moncer Jualannya di Arena Jakarta Fair Kemayoran

Maya Rosfi'ah

Versi ABS Rp 32 Jutaan Harga & Spesifikasi Yamaha NMAX Terbaru Desember 2019

Maya Rosfi'ah

Motor Langka KTM 300 EXC 6 Days TPi Erzberg Rodeo Dijual di IIMS Motobike 2019

Maya Rosfi'ah

Silakan Geser menuju BMW Astra Cilandak hendak Mobil Klasik Bisa Lolos Uji Emisi

Maya Rosfi'ah

Mana yang Anjlok Harganya antara Mobil Bekas Wuling Confero S, Avanza, dan Xpander

Maya Rosfi'ah

Beragam Keseruan Bareng Xpander Hadir di Pinter Bener Family Festival

Maya Rosfi'ah

Honda Vario Masih Kontributor Terbesar Ekspor Motor CBU Honda

Maya Rosfi'ah

Lengang dan Sepi, Ini Jumlah Kendaraan yang Tinggalkan Jakarta

Maya Rosfi'ah

Honda Astrea Grand Ini Dikawinkan dengan Yamaha NMAX Jadi Grand Max Kreativitas Tanpa Batas

Maya Rosfi'ah

Leave a Comment